Pemerintahan

Pemkot Tangerang Diminta Luhut Masifkan Aplikasi PeduliLindungi

TANGERANG, LB– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang diminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan untuk lebih memasifkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Hal itu dikemukakan Luhut saat rapat via daring dengan para kepala daerah terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kemarin kita sudah dapat arahan selama PPKM dari Pak Luhut. Beliau mengarahkan kita untuk memasifkan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah melalui sambungan telepon seluler, Rabu (17/11/2021).

Oleh karena itu, kata Arief, pihaknya menindak lanjuti itu bersama jajaran TNI-Polri beserta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan menggelar operasi bersama guna menguatkan disiplin protokol kesehatan (prokes) di masyarakat.

Advertisement

Apalagi, kata Arief, saat ini fasilitas publik seperti Taman Tematik sudah dibuka. Itu pun menerapkan scan barcode Aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung.

Disinggung kesiapan terjadi gelombang tiga Covid-19, Arief memastikan, pihaknya sudah menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) untuk siaga, selain melengkapi fasilitas kesehatan ruang rawat inap.

“Sejauh ini kita komunikasi sama mereka (nakes-red) lebih siap, terus dibangun komunikasinya. Mereka akan menjadi garda terdepan, disiplin prokes, seperti menjaga jarak dan memakai masker,” katanya.

Arief juga mengungkapkan, ada 38 rumah sakit yang siap melayani masyarakat dengan jumlah ketersediaan tempat tidur mencapai 1.900 unit.

Arief pun menyatakan, capaian vaksinasi saat ini mencapai lebih dari 1 juta untuk dosis satu. Katanya, banyak warga Kota Tangerang yang juga vaksin di luar daerah, seperti di Tangsel dan Jakarta.

“Kita terus berupaya. Ternyata banyak masyarakat vaksin di Jakarta, Tangsel, dan Bogor. Kita juga terus bikin kegiatan, sekarang makin jarang. Makanya sekarang tetap kita lakukan vaksinasi selain kejar vaksin dosis II,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button