Milenial

Pemkot Tangerang Gali Potensi Warga lewat Pelatihan Fotografi

TANGERANG, LBCDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menggelar pelatihan pendampingan KIM Vol 1 dengan mengusung tema ‘Digitalisasi Bisnis Lokal’ 9 September lalu. Kini Diskominfo kembali melanjutkan pendampingan KIM Vol 2 dengan tema ‘Digital Fotografi Tingkat Dasar’ untuk menggali potensi warga pada bidang fotografi di Kantor Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis (16/9/21).

Kegiatan pendampingan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, di antaranya Eky Fajrin R selaku Fotografer Independen dan Faisal R Syam selaku Ketua PFI Tangerang Raya yang dipandu Alfian Pratama, Fotografer Live Magz sebagai moderator.

Dalam paparan materinya, Faisal memberikan tips and trick menghasilkan foto kualitas baik.

“Pentingnya mengatur focus, angle, speed, compotition, dan timing dalam mengambil sebuah foto adalah kunci terciptanya foto yang baik, meskipun hanya diambil melalui kamera smartphone,” ujar Faisal.

Advertisement

Faisal juga mengingatkan bahwa menjaga kebersihan kamera menjadi salah satu pendukung pengambilan foto yang baik.

Sementara itu, peserta juga diberikan demo bagaimana mengambil foto dengan baik menggunakan smartphone. Faisal memberikan pelatihan secara langsung bagaimana mengambil foto dengan mode bokeh, memberikan tips mengambil foto sebuah produk, dan bagaimana menghindari dan mengatasi backlight.

Sementara Fotografer Independen, Eky Fajrin Raharjo menjelaskan, juru foto dan fotografer sekilas memiliki kesamaan. Namun, fotografer sangat detail menentukan konsep dan ide-ide yang bagus, sementara juru foto hanya sebatas memotret suatu gambar.

Kiat menjadi juru foto, kata Fajrin, dengan sering melihat foto, tidak bosan memotret, berani mengeksplor dan memaksimalkan gadget.

“Siapapun bisa menjadi juru foto, ketika kita memotret sesuatu dan kita sebarluaskan ke media sosial, maka akan memberikan impact yang dahsyat,” ujar Fajrin menambahkan.

Salah satu peserta pelatihan mempraktikan cara mrengambil gambar dengan smartphone.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Kemitraan Komunikasi Publik Yunita Virdianti menjelaskan bahwa pemilihan tema Digital Fotografi untuk menunjang tugas dan fungsi KIM di masyarakat yang secara umum menyebarluaskan informasi dan mempublikasikan potensi-potensi di tiap-tiap wilayah.

“Jadi, salah satu cara KIM menyebarkan informasi ini melalui fotografi. Maka dari itu, kami latih KIM ini supaya dapat mengambil gambar dengan standar yang lebih bagus untuk konsumsi di sosial media maupun konsumsi publikasi lainnya,” jelasnya.

Yunita juga mengatakan bahwa seluruh rangkaian pendampingan KIM akan berakhir pada volume keempat dengan puncak kegiatan, yakni Lomba KIM 2021 tentang seluruh kategorinya sudah diadakan di acara KIMfesT 2021.

“Kategori lombanya yaitu digital bisnis KIM, content creative ada fotografi dan videonya, serta manajemen sosial media. Saya harap, seluruh KIM di Kota Tangerang sudah bisa mengelola informasi di wilayah masing-masing terkait potensi ataupun kegiatan yang dapat dikembangkan dan di push lewat media sosial,” tandasnya.

Terkait itu, Taufik Azhari, Ketua KIM Sudimara Pinang berharap, KIM dapat berkontribusi untuk menyebarluaskan informasi dari pemerintah Kota Tangerang hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk rangkaian acara KIMfesT ini, saya yakin masih pemanasan dan saya harap masih banyak kegiatan-kegiatan lain dari KIM sendiri,” harapnya.

Sekadar diketahui, pelatihan diikuti puluhan peserta dan perwakilan dari KIM wilayah Kecamatan Cipondoh, Ciledug, Karang Tengah, Pinang, dan Larangan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selama September, masih akan diadakan pelatihan-pelatihan untuk mendukung pengembangan wilayah KIM di Kota Tangerang. (Eky Fajrin/zai).

Back to top button