Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Gebyar Vaksin Serentak di 1.017 RW

TANGERANG, LBC – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan menggelar Gebyar Vaksin serentak di 1.017 RW di 104 kelurahan se-Kota Tangerang. Itu bertujuan untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity), selain strategi vaksinasi dengan hadir lebih dekat di tengah masyarakat Kota Tangerang.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya melakukan percepatan vaksinasi agar herd immunity segera terbentuk di Kota Tangerang.

“Kita punya konsep Gebyar Vaksin serentak di tingkat RW. Ada 1.017 RW di 104 kelurahan di Kota Tangerang, selain bertujuan untuk mendekatkan pelayanan vaksin dengan masyarakat,” ungkap Arief saat meninjau Gebyar Vaksin di Balai RW 12, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kata Arief, hari ini Gebyar Vaksin dilaksanakan serentak di 84 kelurahan dan akan terus ditingkatkan. Teknisnya, kata Arief, kegiatan vaksin dilakukan per RW. Pihaknya sudah memetakan 1.017 RW di 104 Kelurahan.

Advertisement

“Dari 104 kelurahan sementara ini Gebyar Vaksin baru di 84 kelurahan. Sementara masih dikumpulin, ke depannya di tiap-tiap RW agar satu RW itu bener-berner semuanya tervaksin,” jelasnnya.

Dijelaskan Arief, Gebyar Vaksin mengusung konsep pendekatan vaksin ke warga. Jika jaraknya masih jauh, maka petugas yang akan mendatangi langsung ke rumah sasaran vaksin.

“Nanti kalau kurang petugasnya, akan kita tambah,” tegasnya.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, pihaknya melakukan vaksinasi hingga tingkat RW lantaran mendeteksi masih ada warga yang belum mendapatkan vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi terus digulirkan hingga mencapai target dan digelar mulai Senin sampai Jumat setiap harinya.

“Kita melihat di lingkungan itu banyak ada sisa-sisa masyarakat yang belum divaksin, terus ada keluhan juga kalau disentralistik pakai ongkos. Makanya kita sekarang kita mendekati ke masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 12 Kelurahan Sukasari Ujat Sujadi mengungkapkan, sebanyak 200 warganya yang mengikuti Gabyar Vaksin. Ujat berharap, adanya Gebyar Vaksin dapat membentuk kekebalan imun tubuh warganya sehingga terjaga sampai bisa beraktivitas kembali seperti semula.

“Saya selalu mengajak warga untuk ikut vaksin, itu bentuk ikhtiar kita demi kebaikan bersama. Selain itu, dengan ikut vaksinasi ini juga kita ikut mendukung program pemerintah mencapai herd immunity,” terangnya.

Salah satu penerima vaksin, Bahrul mengaku, mengikuti Gebyar Vaksin sebagai upaya menyukseskan program pemerintah dan memenuhi persyaratan beraktivitas sosial.

“Ini salah satu ikhtiar kita menjaga kesehatan dan mendukung program pemerintah. Selain karena vaksin menjadi syarat perjalanan aktivitas kita,” ujarnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button