Peristiwa

Pemkot Tangerang Siap Beri Santunan Korban Kebakaran Lapas

TANGERANG, LBC– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan memberikan bantuan santunan untuk korban kebakaran Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Klas I Tangerang. Hal itu diungkapkan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah kepada wartawan saat meninjau lokasi kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Arief mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan kepada korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang berupa penangangan bencana melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang.

“Iya, jadi tadi dari sini (korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang-red) butuh bantuan untuk membawa keluarga ke Kramatjati untuk tes DNA agar mencocokkan dengan korban meninggal. Intinya, kami siap memfasilitasi seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam penanganan kebencanaan seperti ini (kebakaran-red),” tegas orang nomor satu di Kota Tangerang ini.

“Kita juga ada santunan kematian, nanti kita bantu,” imbuhnya.

Advertisement

Diungkapkan Arief, pihaknya saat kejadian sudah menyediakan satu unit bis untuk mengantarkan keluarga korban ke Rumah Sakit (RS) Polri sebagai upaya percepatan proses identifikasi jenazah korban kebakaran.

Tidak hanya itu, sambung Arief, pihaknya juga mengerahkan petugas Dinkes Kota Tangerang untuk membantu para korban kebakaran yang mengalami luka berat maupun ringan di Klinik Lapas dan di rumah sakit.

Namun, diakui Arief, pihaknya sampai saat ini belum memperoleh data korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang asal kota Tangerang. Lantaran ituk lanjut Arief, pihaknya melalui petugas BPBD terus melakukan pengecekan untuk menemukan data korban kebakaran dari Kota Tangerang.

“Baru dapat nama-namanya saja. NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan lainnya belum. Nanti kita koordinasi terus sama temen-temen yang ada di Lapas dan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM),” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button