Kesehatan

Pemkot Tangerang Terima Vaksin Jenis Pfizer Untuk 81.900 Orang

TANGERANG, LBC– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menerima pendistribusian vaksin jenis Pfizer yang dinilai memiliki efikasi cukup tinggi sebanyak 27.300 vial atau untuk 81.900 orang dosis pertama dan kedua. Vaksin pun segera digunakan untuk masyarakat, tinggal menunjuk petunjuk teknis (juknis). Sebelumnya, vaksin yang diberikan kepada masyarakat oleh Pemkot Tangerang jenis Moderna.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, pihaknya sudah menerima vaksin baru dan segera digunakan untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

“Vaksin yang kita terima saat ini jenis Pfizer sebanyak 27.300 vial bisa dosis pertama dan kedua untuk 81.900 orang,” ungkap Dini yang merangkap jabatan Direktur RSUD Kota Tangerang ini melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (21/8/2021).

Vaksin jenis Pfizer, diakui Dini, memiliki efikasi cukup tinggi. Meski tidak menyebutkan persis persentase efikasinya, tetapi pengakuan Dini, banyak warga yang ingin mendapatkan vaksin jenis tersebut. Ditegaskan Dini, warga yang sudah menerima suntik vaksin dosis pertama dengan jenis lainnya tidak bisa menerima vaksin jenis Pfizer untuk dosis kedua. Untuk penggunaan vaksin jenis Pfizer tersebut, lanjut Dini, pihaknya tinggal menunggu juknis.

Advertisement

“Detilnya saya belum terima. Nanti saya cek dulu. Kita sih pinginnya cepet cepet aja, tapi belum ada juknis yang diketahui, hanya untuk masyarakat umum 18 tahun ke atas,” jelasnya.

Dini menambahkan, saat ini warga Kota Tangerang yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama masih di angka 50 persen.

“Makanya, kami kembali menyalurkan vaksin sebagai upaya percepatan vaksinasi, dimana target total sasaran di Kota Tangerang sebanyak 1,4 juta orang,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button