News

Pemkot Tangerang Tingkatkan Kualitas 26 Ruas Jalan

TANGERANG, LB– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tahun ini meningkatkan kualitas jalan, mulai dari perbaikan jalan lingkungan hingga jalan utama yang berjumlah 26 ruas jalan di Kota Tangerang.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Muhammad Ichsan melalui sambungan telepon seluler, Selasa (12/10/2021).

Ichsan mengatakan, progres peningkatan kualitas infrastruktur jalan itu sebagian ada yang sudah mencapai 60 persen. Dalam pengerjaannya, kata Ichsan, untuk jalan lingkungan menggunakan pavling block dan jalan utama menggunakan beton, sebagian proyek masih ada yang menunggu lelang.

“Kita targetkan progresnya rampung akhir tahun ini. Kalau progres pekerjaan peningkatan kualitas jalan utama bervariasi, antara 40 sampai 60 persenlah. Untuk tahap satu sudah selesai semua, tahap kedua 40 sampai 60 persen,” katanya.

Advertisement

Total anggaran untuk pembangunan jalan, disebutkan Ichsan, sebesar Rp100 miliar. Ichsan merinci, pembangunan Jalan Juanda dan Jalan Suryadarma dua paket, tahap pertama sudah selesai dari TPU Selapajang sampai terowongan. Untuk proyek yang menggunakan APBD mulai dari batas Kota Bojong Renged sampai arah terowongan.

Mantan Kepala Seksi Pelayanan Administrasi Bangunan Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang ini menambahkan, anggaran yang digunakan berasal dari berbagai sumber. Sebagian besar dari APBD, sisanya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat dan bantuan Provinsi Banten.

DAK sebesar Rp2 miliar untuk peningkatan Jalan Marsekal Suryadarma dan Rp15 Miliar untuk peningkatan Jalan Husein Sastranegara. Bantuan dari Gubernur Banten sebesar Rp15 miliar dan DAK Rp2 miliar untuk Jalan Marsekal Suryadarma, dengan hasil lelang sekira Rp1,6 miliar.

Ichsan optimis, pengerjaan proyek jalan rampung hingga akhir tahun.

“Ada yang akhir November ada yang akhir tahun, bervariasi kontraknya (proyek jalan-red). Insya Allah bisalah akhir tahun selesai,” ujarnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button