News

Kejar Herd Immunity, Pemohon SKCK Wajib Tunjukan Kartu Vaksinasi

TANGERANG, LBC– Polres Metro Tangerang Kota mewajibkan pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Hal itu bertujuan mempercepat terciptanya herd immunity dan dalam upaya pencapaian target 2 juta vaksinasi per hari nasional pada Agustus 2021 ini sesuai intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita (Polres Metro Tangerang Kota-red) sudah menerapkan itu (mewajibkan menunjukkan sertifikat vaksin bagi pemohon SKCK-red) sejak hari Jumat (30 Juli 2021-red). Daftarnya harus lewat online dengan mencantumkan sertifikat vaksin,” ungkap Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim melalui sambungan telepon seluler, Senin (2/8).

Abdul menjelaskan, pendaftaran SKCK juga bisa dilakukan melalui situs https://skck.polri.go.id/. Para pemohon kartu dapat mengunggah surat vaksin yang dimilikinya. Meski demikian, lanjut Abdul, pihaknya tetap memfasilitasi bagi pemohon yang tidak memiliki kartu vaksin dengan alasan tidak dapat divaksin karena unsur kesehatan.

“Jadi, bagi pemohon yang kebetulan belum memiliki sertifikat vaksin karena komorbid, tetap dipersilahkan membuat SKCK dengan membawa surat keterangan dari dokter,” katanya.

Advertisement

Lebih jauh Abdul mengatakan, persyaratan untuk pembuatan SKCK tersebut tidak hanya berlaku di tingkatan Kepolisian Resor (Polres) saja, melainkan juga di Kepolisian Sektor (Polsek) yang ada di wilayah Kota Tangerang.

“Di polsek juga wajib membawa surat vaksinasi sebagai salah satu persyaratan yang wajib dibawa pemohon,” tegasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button