Hukrim

Penyebar Hoax Pemilihan Miss Waria Banten Terancam Pidana

SERANG, LB– Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga memastikan, sebaran acara pemilihan Miss Waria Banten 2021-2022 yang beredar di media sosial (medsos) hoax. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan Polres Serang. Penyebar edaran itu dinilai melanggar hukum dan terancam pidana.

“Kita pastikan bahwa itu (sebaran pemilihan Miss Waria Banten-red) hoax,” tegas Shinto saat diwawancara wartawan di Mapolda Banten, Kota Serang, Kamis (3/11/2021).

Shinto mengatakan, pihaknya sudah meminta klarifikasi dua dari tiga orang yang nomornya tercantum pada sebaran tersebut. Ternyata, kata Shinto, mereka juga terganggu dengan informasi tersebut.

“Mereka (yang nomornya tercantum-red) karena mereka juga tidak tahu menahu, hanya nama mereka dicatut,” terangnya.

Advertisement

Selain itu, lanjut Shinto, pemilik gedung juga sudah mengklarifikasi bahwa tidak menyewakan gedungnya pada acara tersebut.

“Pihak gedung juga sudah menyatakan bahwa tidak ada acara itu,” jelasnya.

Shinto menilai, sebaran tersebut sudah mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan keresahan, sehingga menimbulkan reaksi masyarakat setempat. Untuk itu, lanjutnya, penyidik dari Satreskrim Polres Serang akan memeriksa sampai menemukan siapa di belakang aksi tersebut.

“Tentu ini melanggar hukum, bisa disangkakan undang-undang ITE karena menyebarkan kebohongan di media sosial,” ancamnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar poster di medsos akan digelar pemilihan Miss Waria Banten tahun 2021-2022 yang akan digelar Gedung Catur, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang membuat heboh jagat maya dan meresahkan masyarakat.

Dalam poster yang beredar tertulis, ‘Ikuti dan Saksikanlah Acara Spektakuler Pemilihan Miss Waria Banten 2021-2022’. Acara digelar Jumat, 19 November 2021 pukul 16.00 WIB. Tempat pelaksanaan di Gedung Catur, Kecamatan Ciruas, Serang, Banten. Kontes itu memperebutkan hadiah tropi, mahkota cantik, selempang dan jubbah, tongkat kebesaran Miss Waria Banten, bingkisan dari sponsor, dan uang tunai.

Untuk pendaftaran hubungi Nyai Mas Ratu di 0881025355474, Mami Jeni di 08993851968, dan Warni di 087871265773. Pendaftaran ditutup tanggal 17 November 2021. Bahkan acara juga tertulis dimeriahkan oleh artis dan fashion show 7 cowok macho. Lalu juara 1,2, dan 3 akan diikutkan lomba Miss Waria tingkat nasional di Jakarta dan pemotretan kalender 2022. Lalu di bawahnya tertera formulir yang harus diisi dalam sebuah poster tersebut. Sontak postingan tersebut membuat heboh dan komentar di medsos. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button