Kesehatan

Percepat Penanganan Covid, Pemkot Tangerang Vaksin Door to Door

TANGERANG, LB– Untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengambil inisiatif dengan melakukan vaksinasi secara door to door.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, Kota Tangerang saat ini berada pada PPKM level 2. Kata Arief, Kota Tangerang bahkan sempat mengalami zero kasus awal September. Kendati demikian, Arief berpesan, penurunan kasus Covid-19 di Kota Tangerang tidak membuat masyarakat abai terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Sekarang kami sedang mengejar masyarakat itu untuk vaksinasi sampai ke tingkat RW. Sebentar lagi kita persiapkan, kalau RW sudah selesai, door to door,” ungkap Arief kepada awak media di Puspemkot Tangerang, Kamis (30/9/2021).

“Jadi nanti dengan cara yang kita lakukan itu, memastikan di rumah ini sudah vaksin atau belum. Kalau belum, kita vaksin di rumah langsung begitu,” imbuhnya.

Advertisement

Saat ini, kata Arief, Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mulai melakukan pendataan peserta vaksin bekerjasama dengan Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) untuk kesiapan pelaksanaan vaksinasi door to door. Arief mengungkapkan, saat ini capaian dosis kesatu vaksinasi sudah menembus angka 1.200.576 jiwa dan dosis kedua sudah 679.205  jiwa.

“Vaksinasi di Kota Tangerang sudah 81 persen dosis satu dan 45,9 persen dosis kedua, jadi total target keseluruhan 1,4 juta jiwa,” ungkapnya.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr  Dini Anggraeni menhyatakan, pihaknya sedang memperkuat kesiapan pelaksanaann vaksinasi door to door dan sudah berjalan di beberapa wilayah, didukung pendataan warga yang belum mendapatkan vaksin sudah dilakukan seperti di wilayah Cipadu.

Pendataan, dijelaskan Dini, untuk memastian warga yang belum mendapatkan vaksin, sehingga pelaksanaan program efektif efisien.

“Pelaksanaannya kami bekerjasama dengan TNI-Polri menggunakan vaksin jenis Sinovac,” tutupnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button