Kesehatan

Percepat Vaksinasi, Dinkes Kabupaten Serang Terjunkan Nakes ke Desa

SERANG, LB – Dalam rangka percepatan vaksinasi sebagai upaya mewujudkan herd immunity (kekebalan tubuh kelompok) menghadapi pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang menerjunkan tenaga kesehatan (nakes) ke seluruh desa melibatkan Puskesmas dan Pemerintah Desa (Pemdes).

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi saat ditemui Lingkar Banten di ruang kerjanya, Rabu (10/22/2021).

Sekadar diketahui, berbagai upaya sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinkes dalam upaya percepatan pencapaian target vaksinasi. Mulai dari menjalin sinergitas dengan TNI-Polri, unsur lembaga, hingga sampai partai politik (parpol) dalam kegiatan vaksinasi.

Upaya lain, Dinkes juga melalui puskesmas di 29 kecamatan sudah melakukan pelayanan vaksinasi secara door to door. Agus mengatakan, pelayanan vaksinasi di desa dilaksanakan pertengahan November ini sebagai upaya mendekatkan kepada masyarakat.

Advertisement

“Minggu ketiga November ini kita akan lakukan vaksinasi melalui pelayanan yang didekatkan ke sasaran, yaitu ke desa-desa,” ungkapnya.

Sebelumnya, diakui Agus, pihaknya hanya menyediakan gerai vaksinasi di Puskesmas. Kali ini, pihaknya memberikan pelayanan ke seluruh desa melibatkan pemerintah desa yang menyosialisasikannya kepada masyarakat agar ikut serta vaksinasi.

Diungkapkan Agus, capaian vaksinasi di Kabupaten Serang sampai saat ini untuk dosis pertama mencapai 32,29 persen dan dosis kedua mencapai 16,43 persen.

“Itu data vaksinasi di Kabupaten Serang yang sudah kita lakukan update data per tanggal 8 November 2021 ya,” ungkapnya. (Muhammad Uqel Assathir/zai)

Back to top button