Pemerintahan

Peringati Hari Pahlawan, Entus Ajak Perangi Kebodohan dan Kemiskinan

SERANG, LB– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengajak masyarakat dan seluruh jajarannya untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan, khususnya di Kabupaten Serang.

Ajakan itu disampaikan Entus saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Pemkab Serang, Rabu (10/11/2021). Upacara dilaksanakan menindak lanjuti amanat Pemerintah Pusat melalui Menteri Sosial (Mensos) RI.

Entus mengatakan, upacara dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Serang. Menurut Entus, Hari Pahlawan merupakan momentum penting untuk menjaga dan merekam kembali masyarakat akan pentingnya menghargai jasa para pahlawan.

“Para pahlawanlah yang sudah berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan negara kita,” ujar Entus dalam sambutannya.

Advertisement

Kata Entus, semua elemen mempunyai kewajiban mengisi kemerdekaan sesuai cita-cita para pahlawan. Khususnya para aparat pemerintahan, ada tanggung jawab untuk menyejahterakan masyarakat.

“Selain itu juga, untuk memerangi musuh yang sekarang nyata, yaitu masalah kebodohan dan kemiskinan, itu musuh utama saat ini,” ujar mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang.

Untuk merealisasikan pemberantasan kebodohan dan kemiskinan, lanjut Entus, harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan bersatu padu menjaga keutuhan negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menurut Entus, dengan persatuan dan kesatuan, sebesar apapun tantangannya bisa diatasi.

“Tapi, kalau kita tidak bersatu, terpecah belah, maka kejayaan bangsa tidak mungkin bisa kita raih. Itulah satu nilai yang harus kita junjung oleh masyarakat,” ajak mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini.

Sekadar diketahui, Upacara Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Serang bertajuk ‘Pahlwanku Inspirasiku’. Upacara diikuti para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya, serta pegawai di lingkungan Pemkab Serang secara virtual.

Entus pun membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini meminta, peringatan Hari Pahlawan dijadikan nilai-nilai kepahlawanan yang penuh inovasi dan daya kreasi.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun. Bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” pungkasnya. (zai)

Back to top button