Sosial Budaya

Peringati Maulid Nabi, Warga Lingkungan Domba Gelar Panjang Mulud

SERANG, LB– Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Lingkungan Domba, Kota Serang menggelar panjang mulud dengan menampilkan aneka hiasan berbagai bentuk hewan sampai bagi-bagi makanan, Selasa (19/10/2021).

Hiasan pada peringatan Maulid Nabi itu menyerupai ayam, sapi, unta dan bentuk-bentuk lainnya. Di hiasan itu juga disediakan menyimpan makanan yang memang sengaja disimpan untuk dibagikan kepada warga luar yang menonton perayaan itu.

Solah, warga sekitar mengatakan, panjang mulud di wilayahnya rutin setiap tahun digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hiasan yang ditampilkan pada panjang mulud, kata Solah, bentuk kreativitas warga setempat yang sudah menjadi budaya.

“Jadi, ini (hiasan-red) hasil kreasi warga. Nah di hiasan panjangan mulud ini ditaruh makanan sampai uang untuk dibagikan ke warga sebaga bentuk rasa syukur,” jelas Solah kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Advertisement

Teknisnya, kata Solah, hiasan diarak menuju masjid diiringi hadroh dan marawis untuk memberikan hiburan kepada warga yang memang sudah menjadi hal biasa di tempatnya.

“Setelah sampai masjid, kita doa bersama,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut Solah, hiasan panjang mulud berisi makanan dan uang dibagi-bagi kepada warga pendatang atau warga dari kampung luar.

“Baru setelah itu dibagi-bagi ke warga. Jadi ini bentuk syukur kita atas kelahiran nabi dan bentuk rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW,” terangnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button