Sosial Budaya

Peringati Muharram, Pemkot Tangerang Gaungkan Program Bantuan

TANGERANG, LBCMemperingati Tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghadirkan program ‘Kita Jaga Kiai’ dan ‘Kita Jaga Yatim’.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya akan menggaungkan program bersama Baznas Kota Tangerang dan MUI memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah untuk memberikan perhatian kepada unsur pemuka keagamaan dan para tokoh yang wafat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Memperingati tahun baru Islam tahun ini kita hadirkan program ‘Kita Jaga Kiai’. Anggaran yang disiapkan Rp1,5 miliar,” ungkap Arief pada acara Dzikir dan DoaBersama (Istighotsah) menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah secara daring, Senin (9/8/2021).

Menurut Arief, saat ini waktunya untuk saling menjaga dan melindungi sesama, terlebih terhadap para ulama dan anak yatim. Salah satu upayanya, kata Arief, yang dilakukan melalui dana umat yang dikelola Baznas Kota Tangerang.

Advertisement

“Karena para ulama memiliki peran penting dalam syiar agama bagi masyarakat,” jelasnya.

Adapun dukungan fasilitas program ‘Kita Jaga Kiai’, diungkapkan Arief, antara lain paket imun berupa multivitamin, madu dan herbal, paket hyginr kit berupa masker, hand sanitizer dan wastafel sehat untuk pesantren, layanan medical check up, dukungan isolasi mandiri (isoman), serta dukungan pelaksanaan vaksin bagi kalangan ulama dan pesantren.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Tangerang KH Aslie Elhusyaery menambahkan, program ‘Kita Jaga Kiai’ merupakan dukungan fasilitas kesehatan yang layak bagi kiai, ulama, serta kalangan pesantren guna menjaga imunitas. Selain bantuan fisik, kata Aslie, Baznas dan MUI juga akan membuat program yang bersifat literasi percepatan penanganan Covid-19. Selain program ‘Kita Jaga Kiai’, kata Aslie, Baznas juga akan mencanangkan program ‘Kita Jaga Yatim’ berupa santunan tunai bagi para yatim dan dhuafa.

“Penyaluran bantuan bekerja sama dengan MUI, FSPP (Forum Silaturahmi Pondok PEsantrean) dan UPZ (Unit Pengeloa Zakat) selama Muharram 1443 H,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button