Pemerintahan

Perpanjang PPKM, Pemkot Serang Tambah Waktu Makan di Tempat

SERANG, LBC- Status wilayah masih level 3, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Serang. Pemkot pun memberikan tambahan sepuluh menit waktu bagi para pengunjung yang makan di tempat, dari 20 menit menjadi 30 menit, dengan catatan untuk warteg batas kapasitasnya hanya tiga orang.

“Jadi ada pertambahan waktu 10 menit di perpanjangan PPKM level 3 untuk waktu makan. Kalau level 4 kemarin kan 20 menit,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Publik Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas saat ditemui di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang, Selasa (3/8/2021).

Hari mengatakan, Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 Tahun 2021 sudah ditindaklanjuti oleh Pemkot Serang dengan mengeluarkan Intruksi Walikota (Inwal) terkait PPKM Level 3 di wilayah Kota Serang.

“Ada beberapa hal yang menjadi perubahan, di antaranya ada re-open terkait usaha. Hal-hal lain yang diatur juga lebih detail, contohnya soal pusat perbelanjaan,” sebutnya.

Advertisement

Di level 3 juga, kata Hari, pusat perbelanjaan di Kota Serang diperkenankan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen dari daya tampung, serta jam oprasionalnya dibatasi sampai pukul 17.00 WIB. Kebijakan tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk kemudahan yang diberikan kepada para pelaku usaha UMKM dan tempat-tempat usaha lainnya saat upaya pencegahan penyebaran Covid-19 level 3. Namun tetap mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan level ini bisa turun lagi ke level 2 atau level 1,” harapnya.

Kendati demikian, lanjut Hari, harapan menurunkan level status butuh kerjamasa semua stakeholder dan masyarakat.

“Yang paling utama adalah taat dan patuh terhadap protokol kesehatan untuk pencegah dan terhindar dari Covid-19,” tandasnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button