Peristiwa

Perumahan Garden City di Periuk, Tangerang Terendam Banjir

TANGERANG, LBC – Hujan yang melanda wilayah Kota Tangerang sejak Senin (9/8/2021) malam hingga Selasa (10/8/2021) pagi menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang terendam banjir. Salah satunya perumahan Garden City, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Kondisi itu menghambat aktivitas warga yang melintas.

Pantauan lingkarbanten.com, Selasa (10/8/2021) pagi, air menggenangi kawasan perumahan Garden City, Kecamatan Periuk. Tampak sejumlah warga sibuk menguras air dan membersihkan lumpur yang masuk rumahnya di komplek tersebut. Sejumlah kendaraan terlihat berhati-hati saat melintas di kawasan komplek. Bahkan, beberapa pengendara mendorong motornya karena mogok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Periuk Syahrial membenarkan, wilayahnya terendam banjir. Salah satunya Perumahan Garden City hingga menggenangi jalur utama dengan ketinggian air sampai 30 sentimeter.

“Penyebabnya selain tingginya curah hujan, juga akibat saluran irigasi kurang baik dan rendahnya dasar jalanan,” ungkap Syahrial saat ditemui lingkarbanten.com di lokasi.

Advertisement

Namun demikian, dipastikan Syahrial, jalan utama perumahan Garden City masih bisa dilintasi kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Kata Syarial, banjir juga menggenangi area jembatan Alamanda di kawasan perumahan tersebut.

Kata Syahrial, perumahan rawan banjir lantaran dilintasi saluran irigasi menuju Kali Leduk.

“Ketinggian air di Kali Leduk saat ini sih masih terpantau aman. Tapi tetap kami siagakan personil di lapangan berikut 1 unit kendaraan truk,” ujarnya.

Sementara itu, warga setempat, Rudianto (41) mengatakan, wilayahnya menjadi langganan banjir. Ia berharap, ada langkah antisipasi dari pemerintah agar tidak lagi terjadi genangan air di wilayahnya setiap hujan deras.

“Syukur tadi masih dapat saya lewati jalan. Biasanya kalau hujan deres di situ (perumahan-red) terendamnya susah dilintasi kendaraan,” tukasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button