Pemerintahan

Pilkades Kabupaten Serang Terancam Diundur Lagi

SERANG, LBC – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 Kabupaten Serang terancam kembali diundur, menyusul adanya pengumumun dari Presiden Jokowi yang memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus.

Sekadar diketahui, agenda Pilkades serentak di Kabupaten Serang sudah dua kali diundur, mulai dari tanggal 11 Juli, kemudian mundur menjadi tanggal 1 Agustus, lalu diundur lagi menjadi 8 Agustus. Saat ini Panitia Pilkades Kabupaten Serang yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri belum bisa memutuskan apakah Pilkades kembali diundur atau tetap lanjut.

Entus mengaku, pihaknya sudah berkirim surat kepada Dirjen Bina PMD Kemendagri untuk menyampaikan agenda Pilkades di Kabupaten Serang yang akan dilaksanakan tanggal 8 Agustus.

“Mudah-mudahan hari ini ada petunjuk apakah dilanjut atau mundur jadwalnya,” ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini kepada wartawan usai mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan HUT RI di aula TB Saparudin Pemkab Serang, Selasa (3/8/2021) siang.

Advertisement

Diungkapkan Entus, pihaknya dalam surat menyampaikan permohonan izin dilaksanakannya Pilkades serentak di Kabupaten Serang pada 8 Agustus.

“Tapi kita sekarang statusnya masih level 3, sama saja dengan level 4. Kita lihat saja nanti, kemungkinannya fifty-fifty, harusnya diiizinkan, daripada dilama-lama malah enggak kondusif,” tukasnya.

Kata Entus, pihaknya hanya bsia berikhtiar menampung aspirasi dari para calon kades. Menurut Entus, semakin lama pelaksanaan Pilkades akan semakin berat. Kendati demikian, pihaknya harus menjunjung aturan.

“Tapi kita lihat situasional daerah dan dukungan DPRD kita sampaikan bahwa banyak kemasalahatan dilaksanakan tanggal 8 Agustus, tapi lagi-lagi kita menunggu petunjuk Mendagri,” tandas mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang ini.

Senada disampaikan Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna menambahkan, sesuai intruksi Mendagri soal Pilkades belum ada pengecualian. Nanang pesimistis, Pilkades bisa dilaksanakan 8 Agustus dengan adanya kebijakan perpanjangan PPKM.

“Dengan kondisi yang ada, apakah bisa?. Tapi memang dari segi kesiapan sudah siap, dari sisi anggaran, teknis, sampai TPS sudah sesuai waktu Pilkada. Tapi kalau di pusat melarang ya kita harus nurut. Atau ada pengecualian diizinkan dengan catatan A,B,C,D, kita belum tahu, dilematis, besok kita rapatkan,” ujar mantan Camat Waringinkurung ini.

Nanang berharap, pihaknya melalui upaya Satuan Petugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 bisa menurunkan level status dari level 3 minimal menjadi level 2.

“Sampai sekarang masih level 3. Mungkin diundur lagi, kita lihat besok, masih menunggu perkembangan. Kalau status turun ke level 2, di bawah sudah siap dengan protokol kesehatan ketat, kerumunan mungkin bisa dihindari,” pungkasnya. (zai)

Back to top button