Desa

Pilkades Pandeglang Dinilai Sesuai Prokes, Gerai Vaksin Tersedia di TPS

PANDEGLANG, LB– Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pandeglang serentak 2021 di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Minggu (17/10/2021). Pelaksanaan pesta demokrasi enam tahunan tersebut, dinilai Dirjen, sudah sesuai protokol kesehatan (prokes).

Keempat TPS yang ditinjau Yusharto, meliputi TPS 1 di Desa Palurahan Kecamatan Kaduhejo, TPS 2 Desa Batubantar Kecamatan Cimanuk, TPS 2 Desa Kadudampit Kecamatan Saketi, dan TPS 3 Desa Citeureup Kecamatan Panimbang. Kunjungan Yusharto ke TPS didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pandeglang, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Pandeglang.

Yusharto mengapresiasi, pelaksanaan Pilkades serentak di Pandeglang sudah sesuai aturan dan menerapkan prokes. Hal itu terlihat saat pemilih akan melakukan pencoblosan, dimana prokes sudah diterapkan mulai dari pintu masuk TPS disediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga pengecekan suhu tubuh.

“Masyarakat yang akan mencoblos juga ditempatkan dengan kursi yang telah disesuaikan,” ucapnya.

Advertisement

Dengan demikian, Yusharto menilai, alur yang diterapkan pada Pilkades Pandeglang Serentak sudah sesuai aturan yang ditetapkan.

“Di setiap TPS juga disediakan gerai vaksinasi yang diharapkan memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin demi mewujudkan kekebalan komunal, sekaligus mendukung percepatan program vaksinasi,” harapnya.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya dalam pelaksanaan Pilkades serentak dibantu berbagai pihak, mulai dari Forkopimda hingga stakeholder di tingkat desa agar pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan kondusif. Irna pun memastikan, pelaksanaan Pilkades serentak di Pandeglang berjalan aman dan kondusif.

Alhamdulillah, Pilkades berjalan aman, tidak ada kegaduhan, aman dengan prokes, insya Allah yang menang terhormat kalahpun bermatabat,” ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan Penjabat (Pj) Sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Taufik Hidayat yang melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades di TPS 08, Desa Sukasari, Kecamatan Kaduhejo, dan TPS 03 di Kampung Pasir Kondang, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi.

Alhamdulillah, lokasi yang kami kunjungi pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan semua mematuhi protokol kesehatan agar tidak ada kluster baru,” ucapnya.

Sekadar informasi, Pilkades Pandeglang serentak diselenggarakan di 206 desa 32 Kecamatan dan diikuti 709 calon kepala desa (cakades). Pilkades mendapatkan penjagaan ketat dari ribuan aparat TNI-Polri, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas). (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button