Pemerintahan

Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Siap Digelar 10 Oktober

TANGERANG, LBC– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Dadan Gandana menegaskan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 Desa di Kabupaten Tangerang sudah siap digelar 10 Oktober mendatang. Itu berdasarkan hasil Rapat Lanjutan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (28/9/2021).

Dadan mengatakan, Rapat Forkopimda Kabupaten Tangerang membahas soal kesiapan teknis secara rinci soal penyelenggaraan Pilkades serentak. Mulai dari pengamanan, anggaran, personil pendukung, serta mengenai protokol kesehatan (prokes) sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Dadan juga memastikan, Panitia Penyelenggara Pilkades di masing-masing desa sudah mempersiapkan segala kebutuhan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai Permendagri.

Katanya, belum lama ini tim dari Kemendagri sudah mengecek persiapan penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Tangerang.

Advertisement

“Hasilnya alhamdulilah sudah sesuai dan langsung dilaporkan ke Pak Mendagri. Insya allah tanggal 10 Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang siap digelar,” tegasnya.

Kata Dadan, saat ini Pilkades serentak d Kabupaten Tangerang sudah memasuki tahapan akhir, yakni agenda pencoblosan atau pemungutan suara. Pihaknya saat ini sedang melakukan persiapan ketersediaan logistik, penyebaran undangan pencoblosan, pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan simulasi pilkades di masing-masing desa.

“Tahapan Pilkades sudah diujung (pencoblosan-red),” tegasnya.

Disinggung soal pembagian waktu kedatangan para pemilih ke TPS, kata Dadan, disesuaikan kondisi masing- masing desa. Ia menyarankan Panitia Pilkades membahas itu pada rapat dengan panitia tingkat kecamatan supaya tidak terjadi penumpukan dan kerumunan saat pencoblosan.

“Saya himbau panitia Pilkades mempertimbangkan hal itu,” imbaunya.

Dadan berharap, Pilkades yang akan diselenggarakan 10 Oktober berjalan lancar, aman, dan tertib sehingga menjadi barometer untuk kegiatan- kegiatan lainnya yang digelar pada masa pandemi.

“Ini Pilkades pertama yang digelar di masa Pendemi. Mudah – mudahan lancar,” harapnya. (Iqbal Kurni Musyab/zai)

Back to top button