Pemerintahan

Diundur, Ini Jadwal Terbaru Pilkades Kabupaten Serang!

SERANG, LBC- Jadwal pelaksanaan Pilkades Kabupaten Serang  2021 resmi diundur, menyusul terbitnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Nomor 141/3351/BPD tentang Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak dan PAW pada Masa Perpanjangan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Panitia tingkat Kabupaten Serang memutuskan pesta demokrassi enam tahunan itu dilaksanakan pada 8 Agustus.

Sebelumnya Pilkades serentak akan diselenggarakan pada 1 Agustus. Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pilkades serentak 2021 Kabupaten Serang di aula Brigjend KH Syam’un Pemkab Serang, Selasa (27/7/2021). Rapat dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri. Hadir Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto.

Ditemui usai rapat, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan, mundurnya pelaksanaan Pilkades seiring adanya intruksi Mendagri agar pelaksanaan Pilkades serentak ditunda.

“Makanya kita memutuskan Pilkades diundur menjadi tanggal 8 Agustus,” ungkap Sekjend DPD Golkar Banten itu di hadapan awak media.

Advertisement

Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang itu, keputusan menetapkan tanggal 8 Agustus karena tidak terlalu jauh dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya, yakni pada 1 Agustus, selain sudah di luar agenda penerapan PPKM. Ulum menilai, menunda tanpa ada kepastian akan membuat gamang dan sosial politik di masyarakat tidak kondusif.

“Jadi kita sepakat ditunda tanggal 8 dengan harapan PPKM tidak diperpanjang dan tidak ada arahan dari pemerintah pusat. Artinya tidak ada larangan dari pusat,” jelasnya.

Kata Ulum, persoalan pandemi Covid-19 tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, lanjut Ulum, pihaknya harus memberikan kepastian jadwal Pilkades.

“Kalau ada perkembangan baru tren Covid atau intruksi pusat, kita akan menyesuaikan dengan regulasi yang ada,” tandasnya. 

Sementara itu, Sekda Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri menambahkan, pihaknya akan meminta camat untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkades serentak pada 8 Agustus dengan catatan tidak ada larangan dari pemerintah pusat.

“Kalau pemerintah pusat kembali mengeluarkan kebijakan selama tidak melarang (pelaksanaan Pilkades-red), kita akan melaksanakannya dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Kata Entus, pelaksanaan Pilkades akan menggunakan pola pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menyesuaikan Tampat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilihnya. Pihaknya juga, lanjut Entus, sudah mengintruksikan Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 agar fokus menekan kasus Covid-19 agar turun level.

“Kalau level kasus sudah turun memungkinkan sekali kegiatan berjalan,” pungkas mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini. (zai)

Back to top button