News

PKL Taman Sari Akan Direlokasi, Pemkot Wacanakan Refungsionalisasi

SERANG, LBC – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdaginkukm) berencana merelokasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Sari, Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Itu menyusul adanya rencana refungsionalisasi Taman Sari kembali menjadi Ruang terbuka Hijau (RTH).

Kepala Disdaginkukm Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, pihaknya akan mengembalikan Taman Sari kepada fungsinya, yakni menjadi RTH seperti sebelumnya. Rencana itu, kata Wasis, harus diawali dengan sosialisasi dan beberapa proses yang harus ditempuh.

“Ya tentunya kita harus relokasi para PKL di sekitar taman sebelum refungsionalisasi,” ungkap Wasis kepada lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Rabu (8/9/2021).

Untuk merelokasi para PKL di kawasan Taman Sari, kata Wasis, pihaknya perlu bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang.

Advertisement

“Setelah relokasi, baru kita segera fungsikan kembali menjadi RTH,” terangnya.

Wasis membeberkan, pihaknya mewacanakan para PKL akan direlokasi ke Pasar Kepandean dan Pasar Lama yang sudah dijadikan tempat khusus lokalisasi para PKL di Kota Serang.

Saat ini, diakui Wasis, kawasan Taman Sari menjadi tempat berjualan para PKL. Oleh karena itu, menurut Wasis, relokasi menjadi upaya Pemkot Serang agar para PKL tetap bisa mengais rezeki. Ia menilai, kawasan Pasar Kepandean dan Pasar Lama layak dijadikan tempat para PKL.

Informasi yang dihimpun lingkarbanten.com, pada 11 Juli 2021 Pemkot Serang melakukan penataan di kawasan eks Terminal Kepandean. Sedikitnya 100 ruko yang dirobohkan di kawasan tersebut oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang bersama TNI-Polri. Namun, lahan sampai saat ini belum ada pembangunan. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button