News

PKS Tangerang Gelar Forum Diskusi Tingkatkan Profesionalitas Jurnalis

TANGERANG, LBCKetua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tangerang Rispanel Arya menggelar Forum Diskusi dengan para jurnalis dari berbagai media di Kabupaten Tangerang di Saung Sahara, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Jum’at (3/9/2021). Diskusi bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan dalam menyiarkan informasi yang mendidik masyarakat.

Rispanel menilai, profesi jurnalis mempunyai peran strategis mengawasi jalannya roda pemerintahan. Hal itu sejalan dengan peran anggota DPRD yang juga mempunyai fungsi sebagai controlling.

“Kita jalan bersama-sama untuk membangun daerah Kabupaten Tangerang,” ajak Wakil Ketua Komisis IV DPRD Kabupaten Tangerang ini.

Rispanel meminta, seorang jurnalis harus kreatif memuat sebuah tulisan untuk menunjukkan profesionalisme pewarta yang memberikan informasi dan pemahaman yang luas bagi masyarakat.

Advertisement

Rispanel mencontohkan, dalam satu peristiwa dapat diambil dari berbagai angle (sudut pandang) sehingga memberikan warna tersendiri.

Saat dibuka sesi tanya jawab, salah seorang peserta diskusi dari media Bhayangkarapost, Fatah menanyakan perihal upaya kongkrit yang akan diperjuangkan Rispanel dalam membantu meningkatkan kualitas para jurnalis, termasuk soal kesejahteraan.

“Diharaokan aspirasi kami mendapat solusi dari Pak Rispanel,” papar Fatah.

Pertanyaan Fatah pun langsung dijawab Rispanel yang menyatakan bahwa pada masa reses, salah satunya diperuntukan awak media yang bertujuan menjalin silaturahmi, sekaligus menyerap aspirasi dari para jurnnalis.

“Itu (kegiatan reses-red) rutin dilakukan DPRD setiap tahun. Kita bisa saling bertemu untuk berbagi informasi dan lain sebaginya,” jawabnya.

Terkait upaya untuk meningkatkan kesejahteraan jurnalis, menurut Rispanel, dapat diwujudkan melalui program pemberdayaan wartawan. Oleh karena itu, dia meendorong dibentuknya suatu wadah atau kelompok jurnalis yang resmi berbadan hukum.

“Itu dapat diajukan ke kita melalui program hibah, seperti pengadaan perangkat komputer dan yang lainnya,” terangnya.

Jurnalis lainnya, Ardiansyah menyampaikan terima kasih atas diadakannya forum diskusi oleh Rispanel. Dia pun berjanji, akan membentuk wadah yang menaungi kelompok para jurnalis untuk memperkokoh tali silaturahim.

“Forum ini untuk bentuk sinergisitas antara masyarakat, awak media, dan Pak Rispanel selaku anggota legislatif,” tutupnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button