Peristiwa

Pohon Tumbang, Lalu Lintas di Cinangka Kabupaten Serang Terputus

SERANG, LBC – Akibat cuaca ekstrem, pohon berukuran raksasa di Jalan Raya Anyar-Cinangka, tepatnya di Kampung Sirih, Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang tumbang dan menghambat arus lalu lintas, Senin (6/9/2021) sekira pukul 13.15 WIB.

Akibat pohon tumbang yang menutup jalan di kawasan tersebut berdampak pengendara dari dua arah lumpuh atau sudah tidak bisa melintas. Sekira satu jam setelah kejadian, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tiba di lokasi kejadian dengan membawa peralatan lengkap untuk memotong pohon.

Dibantu anggota TNI-Polri dan warga setempat, petugas BPBD akhirnya bisa mengevakuasi pohon sekira satu jam kemudian atau sekira pukul 14.50 WIB dan arus lalu lintas kembali normal, meski di jalan masih berserakan ranting dan daun.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan pertama kali adanya pohon tumbang dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cinangka.

Advertisement

Berdasarkan kronologi kejadian yang berhasil dihimpun BPBD dari saksi mata di lapangan, disampaikan Nana, diawali kawasan wisata Anyar-Cinangka yang diguyur hujan deras disertai angin kencang dari sejak pukul 12.00 WIB.

Sekira satu jam kemudian, sambung Nana, pohon berukuran raksasa yang tidak bisa menahan derasnya hujan dan kencangnya angin akhirnya tumbang dan menutup badan jalan.

“Akibat pohon tumbang lalu lintas di wilayah tersebut sempat terputus,” ungkap mantan Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang ini.

Kata Nana, pohon tumbang berhasil dievakuasi sekira satu jam kemudian setelah timnya terjun ke lokasi dibantu aparat hukum dan warga setempat. Nana memastikan, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Nana pun mengimbau warga dan pengendara selalu waspada terhadap cuaca yang saat ini memasuki musim penghujan.

“Pohon berhasil dievakuasi sekitar jam tiga sore. Setelah itu, kondisi lalu lintas di Cinangka sudah kembali normal,” tegas pejabat berkumis tebal ini. (zai)

Back to top button