Hukrim

Polres Serang Kota Gelar Vaksinasi di 4 Lokasi, Percepat Herd Immunity

Ribuan warga disuntik vaksin covid 19 di empat lokasi yang masuk wilayah hukum Polres Serang Kota, Kamis (19/8/2021). Ke-4 lokasi itu adalah Kecamatan Serang, Walantaka, Kramatwatuda dan Cipocok Jaya. Vaksinasi ini untuk mempercepatn terbentukanya kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Warga antusias mengikuti vaksin sangat banyak. Ini gerai vaksin merdeka memperingati hari ulang tahun Indonesia yang ke-76 tahun,” kata Kapolres Serkot, AKBP Maruli Ahiles Hutapea di kantor Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Kamis (19/08/2021).

Maruli mengajak masyarakat yang belum di vaksin, untuk mendatangi puskesmas atau ke kantor polisi, untuk bisa di vaksinasi. Dia juga meminta warga tidak percaya akan hoax atau informasi bohong mengenai vaksin covid-19 yang beredar di media sosial (medsos).

DKI Jakarta sudah 100 persen untuk vaksin dosis pertama. Sedangkan di Banten baru 28 persen untuk dosis pertama. Kemudian dosis keduanya baru 13 persen.

Advertisement

“Jangan takut untuk di vaksin demi kesehatan bersama, vaksin ini gratis. Bagi keluarga yang belum mengikuti vaksin, segera untuk diajak vaksin,” terangnya.

Sebelumnya, status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Serang kini turun menjadi level 3 dari level 4. Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang meminta agar masyarakat tetap disiplin terhadap protokol kesehatan (Prokes) (Baca: Status PPKM Kota Serang Turun Dari Level 4 Ke 3).

Sekretaris Dinkes Kota Serang, Ahmad Hasanuddin menilai, dengan disiplin terhadap prokes dan vaksinasi, maka dapat mengakhiri pandemi Covid-19.

“Saya mengharapkan pengertian yang tinggi dan disiplin agar melakukan protokol kesehatan, kita akan akhiri wabah ini dengan satu protokol kesehatan, kemudian yang kedua adalah vaksin,” ucapnya, Senin (2/8/2021).

Hasanudin mengimbau agar masyarakat dapat menjalani vaksinasi, karena dapat menciptakan kekebalan atau herd immunity. “Sebelum maksimalnya vaksinasi diharapkan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Walikota Serang, Syafrudin menyebutkan, dalam capaian program vaksinasi di Ibukota Provinsi Banten ini, pada vaksinasi dosis pertama telah mencapai 20,5 persen, sementara pada dosis kedua baru sekitar 13,8 persen.

“Capaian vaksin di Kota Serang, vaksin pertama sudah 20,5 persen, capaian vaksin yang kedua itu 13,8 persen. Karena waktunya berjangka artinya sampai Desember,” paparnya. (Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: IN Rosyadi)

Back to top button