Bisnis

PPKM Longgar, Pelaku Usaha di Kota Tangerang Mulai Bangkit

TANGERANG, LBC– Mulai longgarnya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berdampak pelaku usaha di Kota Tangerang mulai bangkit. Terbukti, trend pendapatan pelaku usaha saat ini di Kota Tangerang mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tangerang Faridal Arkam di sela-sela kegiatan Vaksinasi HIPMi di area Sport Center Golf Modernland, Kota Tangerang, Sabtu (11/9/2021).

Kata Arkam, saat ini sejumlah pelaku usaha yang tergabung HIPMI Kota Tangerang mulai bangkit dengan mengalami peningkatan pendapatan meskipun belum signifikan.

Alhamdulillah, dari obrolan dengan teman-teman, saat ini sudah ada peningkatan pendapatan dibandingkan dengan PPKM sebelumnya,” ungkapnya.

Advertisement

Kendati demikian, diakui Arkam, belum semua usaha kondisinya membaik, tetapi sudah menjadi angin segar bagi pengusaha karena biaya operasional terus berputar. Kata Arkam, pihaknya terus menyiasati pemulihan secara bertahap selama pandemi Covid-19.

“Harapannya tentu pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan geliat ekonomi pelaku usaha di Kota Tangerang bisa meningkat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangerang Oman Djumansyah mengatakan hal senada. Dengan adanya kelonggaran selama PPKM, kata Oman, geliat ekonomi di Kota Tangerang sudah mulai mengalami tren peningkatan meskipun belum sesuai harapan.

Disebutkan Oman, kontribusi dari pelaku usaaha untuk pendapatan daerah di Kota Tangerang terhitung sejak 2019 sampai 2020 tercatat mencapai Rp385 miliar.

“Tapi tahun ini bisa dipastikan pendapatan merosot tajam,” tukasnya.

Penurunan pendapatan, kata Oman, karena hunian hotel hanya terisi 10 persen sehingga sempat berdampak sejumlah usaha perhotelan terpaksa menutup usahanya.

“Karena pilihannya mereka tutup sementara atau beroperasi tanpa pendapatan, banyak waktu itu terjadi pengurangan karyawan,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button