Politik

PPP Banten Siap Terbuka ke Publik

SERANG, LB – Tak hanya konsentrasi mengembalikan citra partai pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Banten juga menyatakan siap terbuka terhadap publik. Keterbukaan yang dimaksud, yakni terkait informasi yang dibutuhkan publik tentang partai berlambang ka’bah tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Banten Subadri Ushuludin usai menerima kunjungan Komisioner Komisi Informasi (KI) Banten yang melaksanakan kegiatan Visitasi Monitor Evaluasi (Monev) di Sekretariat DPW PPP Banten, Kota Serang, Selasa (26/10/2021).

“Sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kami siap terbuka sebagai badan publik parpol (partai politik),” tegas Subadri yang juga selaku Wakil Walikota Serang ini.

Sementara itu, Komisioner KI Banten Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Nana Subana mengaku, kunjungannya bersama Wakil Ketua KI Banten Toni Anwar Mahmud untuk memberikan support atau dukungan keterbukaan informasi kepada PPP Banten.

Advertisement

“Seperti segala informasi yang di share (bagikan) di medsos (media sosial) sudah melekat di website. Biar lebih akurat, biar nggak ada black campaign (kampanye gelap),” terangnya.

Berikutnya, pada website PPP Banten juga ada kolom khusus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang isinya struktur dan pengelola partai. Selain itu, harus ada Surat Keputusan (SK) Pengurus PPID dari DPW PPP Banten dan diunduh penggunaan anggaran partai, setelah diaudit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

“Satu tahun dua kalilah (pengunduhan anggaran partai-red). Kenapa demikian? Karena parpol yaitu badan publik dan dapat dana dari Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah),” jelasnya. (zai)

Back to top button