Pemerintahan

PSU Komplek Mutiara Garuda Kabupaten Tangerang Diserahkan Bertahap

TANGERANG, LBC – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman (DPPP) Kabupaten Tangerang menerima penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Komplek Mutiara Garuda di Desa Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang dari pengembang secara bertahap.

Serah terima PSU dijadwalkan berlangsung pada 23 september mendatang. Kemarin, Sekretaris DPPP Kabupaten Tangerang Ubeidullah melakukan pengukuran ulang lahan PSU di komplek tersebut.

Ubeidullah mengatakan, pihaknya sedang bekerja keras mengupayakan serah terima PSU Komplek Mutiara Garuda secepatnya.

“Mudah-mudahan terlaksana (serah terima-red) tanggal 23 September mendatang ini (penyerahan PSU perumahan-red),” harapnya.

Advertisement

Ubeidullah mengatakan, pihaknya berpegang teguh atas kesepakatan pihak terkait dalam penyerahan PSU, meliputi DPPP, pihak pengembang perumahan PT Indo Global Adiya Pratama, warga, dan DPRD Kabupaten Tangerang sesuai hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD 9 September lalu.

“Proses pengukuran ulang lahan PSU nya ini kan sudah hampir selesai. Kamis pagi pihak pengembang datang ke kantor (ke DPPP-red) untuk menyerahkan hasilnya,” katanya.

Kata Ubeidullah, PSU Komplek Mutiara Garuda akan diserahkan secara bertahap sesuai site plan pihak pengembang PT Indo Global Adiya Pratama dan PT Graha Cemerlang.

“Bisa dilihatlah nanti (saat penyerahan PSU-red),” tukasnya.

Terkait itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail berjanji, pihaknya akan terus memantau penyerahan PSU Komplek Mutiara Garuda sampai selesai. Dia berharap, semua pihak berkomitken dengan kesepakatan bersama saat RDP.

“Kita sudah kasih waktu (10 hari kerja-red) dan lihat endingnya. Untuk teknis pengukuran, kita serahkan sama DPPP dan pengembang,” tandasnya.

Hal senada disampaikan pihak pengembang, Prima Napipulu. Pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan pengukuran pada Selasa (14/9/2021) demi terwujudnya kesepakatan bersama yang telah dijanjikan.

“Sampai siang tadi, tim kami turun ke lapangan (melakukan pengukuran-red),” tegasnya.

Penyerahan PSU itu pun disambut antusias Ketua Rukun Warga (RW) 016 Komplek Mutiara Garuda, Saprin yang menilai, pihak pengembang sudah mepunyai itikad baik untuk menunaikan janjinya. Dia bahkan mengaku menyaksikan dan mengawal proses pengukuran lahan PSU oleh pihak pengembang. Saprin berharap, penyerahan PSU dari pengembang ke Pemerintah daerah (Pemda) segera menjadi kenyataan.

“Terima kasih kepada para pihak yang telah terlibat mengawal penyerahan PSU ini. Semoga mimpi kami soal kepastian hak atas lahan PSU tidak tertunda lagi,” harapnya.

Sekedar informasi, warga Komplek Mutiara Garuda sudah 29 tahun tidak menerima kepastian hak atas lahan PSU. Sebab, pihak pengembang belum menyerahkannya kepada Pemda. Berbagai upaya terus dilakukan warga, termasuk mengajukan RDP yang pertama kepada DPRD pada senin (31/5/2021), dimana disepakati para pihak, meliputi DPRD, DPPP, Pengembang dan perwakilan warga dengan penyerahan PSU.

Sampai akhirnya, warga kembali mengajukan RDP II pada kamis, (9/9/2021) dengan hasil yang disepakati, akan adanya penyerahan PSU hingga 10 hari kerja mendatang (23/9/2021). Pihak pengembang meminta agar dilakukan pengukuran ulang lahan. Sampai hari ini, Kamis (16/9/2021) atau hari ke-5 dari perjanjian, sudah ada kegiatan pengukuran dari pihak pengembang. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button