News

PSU Komplek Mutiara Garuda Tangerang Akhirnya Diserahkan Bertahap

TANGERANG, LB– Untuk kali keenam Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait agenda Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Komplek Mutiara Garuda di Desa Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/11/2021). Hasilnya, PSU akan diserahkan secara parsial atau bertahap.

RDP berlangsung cukup alot dan tertutup, menghabiskan waktu sekira 1,5 jam, dipimpin Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang Jayusman yang memberikan beberapa kesimpulan. Di antaranya PSU diserahkan secara parsial oleh pengembang.

Pemkab Tangerang selaku penerima PSU, kata Jayusman, akan mendata ulang secara fisik dan administrasi PSU yang akan diserahkan.

“Karena masih ada lahan pengembang yang belum dibangun, tentu sesuai peraturan yang ada PSU dapat diserahkan secara parsial,” ungkap Jayusman kepada wartawan usai memimpin RDP.

Advertisement

Jayusman mengaku, pihaknya belum menerima salinan berkas penyerahan PSU tersebut. Pihaknya juga belum mengetahui pasti jumlah dan luasan PSU yang akan diserahkan. Ke depan, ditegaskan Jayusman, DPRD akan turun langsung memastikan lokasi-lokasi PSU yang akan diserahkan dari pengembang kepada Pemkab Tangerang.

“Saya belum nerima salinan berkasnya. Jadi, belum tahu pasti berapa luasanya yang sudah diserahkan,” terang politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman (DPPP) Kabupaten Tangerang Nursyamsu menambahkan, saat ini progres penyerahan berkas sudah mencapai 50 persen.

Penyerahan PSU, kata Nusyamsu, dilakukan secara parsial dan berharap, proses penyerahan PSu tersebut cepat tuntas.

“Mudah-mudahan prosesnya cepat selesai. Kita lakukan secara parsial atau bertahap, totalnya sekitar 5.000-an (PSU-red),” ungkapnya.

Nusyamsu menambahkan, PSU yang diserahkan pengembang kepada Pemkab Tangerang meliputi jalan, drainase, sarana ibadah, sarana pendidikan, sarana tempat pemakaman umum hingga Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sementara itu, Perwakilan Pengembang PT Indoglobal Adiya Pratama, Prima Napipulu mengungkapkan, proses penyerahan PSU sudah dilakukan oleh pihak perusahaan kepada Pemkab Tangerang. Namun, untuk luasannya, Prima mengaku tidak tahu persis.

“Saya tidak tahu mas karena saya hanya bagian teknis,” kelitnya.

Terkait itu, Koordinator Forum Warga Komplek Mutiara Garuda, Djamaludin menilai, warga akan menerima salinan berkas penyerahan PSU paling lambat pekan depan sesuai hasil RDP. Jika dalam jangka waktu yang ditentukan tidak juga diserahkan, pihaknya akan kembali melakukan upaya agar PSU segera diserahkan.

“PSU itu kan, hak penghuni perumahan sesuai aturan perundang-undangan. Kalau penyerahannya dipersulit seperti ini, bagaimana warga akan mendapatkan haknya untuk menggunakan PSU,” tukasnya.

Menurutnya, masih ada langkah yang akan diambil warga agar PSU diserahkan kepada Pemkab. Jika RDP yang sudah enam kali digelar tidak ada hasil, maka warga bisa melaporkannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Terkait itu, Sekretaris Forum Warga Komplek Mutiara Garuda, Robert Sinaga menambahkan, warga yang membeli rumah di Komplek Mutiara Garuda ingin hidup rukun dan damai. Jika hak-haknya tidak dipenuhi pengembang, bagaimana masyarakat nyaman.

“Kami akan kawal terus proses serah terima PSU dari pengembang Mutiara Garuda ini ke Pemkab Tangerang. Di situ, ada PSU yang seharusnya digunakan warga,” jelasnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button