Peristiwa

Belasan Rumah Warga Baduy Ludes Terbakar, Kerugian Rp820 Juta

LEBAK, LB – Puluhan rumah warga Baduy di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak ludes terbakar, Rabu (13/10/2021) pukul 13.30 WIB. Tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp820 juta.

Kondisi rumah yang terbakar kini sudah rata dengan tanah dan masih terlihat asap di lokasi kejadian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan personil Pemadam Kebakaran (Damkar) bergerak ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan evakuasi bagi warga Baduy yang terdampak kebakaran.

Kata Febby, yang ludes terbakar bukan hanya puluhan rumah warga Baduy, melainkan juga ada lumbung padi. Atas kejadian itu, kata Febby, kerugian ditaksir mencapai Rp820 juta. Pihaknya sudah mengirimkan logistik kedaruratan berupa kebutuhan sembilan bahan pokok, terpal, dan makanan pokok untuk dapur umum untuk mengurangi risiko kebencanaan. Selain itu juga pihaknya mendirikan satu unit tenda pengungsian.

Advertisement

“Kami sempat kesulitan menuju lokasi kebakaran, karena daerah perbukitan dan pegunungan,” ujarnya.

Saat ini, kata Febby, warga yang rumahnya terbakar sementara mengungsi di tempat lain, karena kondisi rumah sudah rata dengan tanah sehingga tidak bisa dihuni. Untuk penyebab kejadian, kata Febby, masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Data sementara dari hasil assesment, yang terbakar meliputi 16 rumah, satu lumbung padi, serta yang terdampak sebanyak 24 kepala keluarga (KK) dan 84 jiwa.

“Kondisi terakhir api sudah bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa,” tegasnya. (zai)

 

Back to top button