News

Relawan PMI Kota Tangerang Dilatih Tanggap Bencana

TANGERANG, LBC, – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar simulasi bencana bersama para calon Relawan PMI, Sabtu (20/8/2021). Hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan relawan dalam penanggulangan bencana untuk mengantisipasi bencana alam yang selalu datang tiba-tiba.

“PMI merupakan salah satu pelopor organisasi kemanusiaan yang selalu bergerak untuk membantu sesama, baik dalam hal kebencanaan maupun pelayanan kesehatan,” terang Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah kepada wartawan di sela-sela kegiatan simulasi.

Oman menjelaskan, simulasi tanggap bencana untuk melatih kesigapsiagaan Relawan menghadapi bencana dan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Search And Rescue (SAR) Relawan PMI Kota Tangerang, Mahto Putra Ciptaning Sejati menambahkan, relawan yang mengikuti simulasi merupakan calon Relawan PMI yang sudah mengikuti pendidikan, baik teori maupun praktek selama tiga bulan.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini agar teman-teman relawan bisa mengaplikasikan materi yang didapat saat Diklatsar KSR dan terjun langsung dalam keadaan darurat sesungguhnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu calon Relawan PMI Kota Tangerang, Arif Novrizal mengucapkan terima kasih kepada PMI yang sudah terus memberikan ilmu tentang pertolongan pertama, evakuasi, dan materi bencana lainnya pada kegiatan simulasi tanggap bencana. Menurutnya, dengan adanya praktik simulasi bencana bersama para calon relawan lainnya menjadi tahu cara penanggulangan bencana.

“Jadi, ketika nanti ada bencana yang ada di Kota Tangerang, khususnya kami jadi sigap menanggulangi bencana,” tegasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button