Agama

Revitalisasi Masjid Ats Tsauroh Kota Serang Ditunda, Ini Penyebabnya!

Pemkot Serang Gelontorkan Rp7 M Untuk Pembongkaran Masjid

SERANG, LBRevitalisasi Masjid Agung Ats-Tsauroh diundur tahun depan dari rencana awal akan dilaksanakan tahun ini. Penundaan dilakukan lantaran pihak Yayasan Ats-Tsauroh belum menyerahkan aset masjid bersejarah itu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

“Memang semestinya di anggaran murni (revitalisasi Masjid Ats Tsauroh-red). Ditunda karena penyerahan dari yayasan juga belum (penyerahan aset Masjid Ats Tsauroh-red),” ungkap Walikota Serang Syafrudin usai menghadiri acara Halaqoh di Hotel Dwiza, Cipocokjaya, Kota Serang, Selasa (19/10/2021).

Selain persoalan penyerahan aset, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyebut, faktor ditundanya revitalisasi Masjid Ats Tsauroh juga dipicu kesalahan koring penganggaran.

“Jadi koringnya salah (anggaran untuk revitalisasi masjid-red), ditempatkan di belanja modal. Jadi dua poin ini (penyebab ditundanya revitalisasi-red). Namun, yang paling utama penyerahan aset dari yayasan yang belum,” tegasnya.

Advertisement

Namun untuk pembongkaran masjid, diungkapkan Syafrudin, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang Perubahan tahun ini.

“Untuk pembongkaran di anggaran perubahan ini. Kita anggarkan kurang lebih sekitar Rp7 miliar,” ungkap Ketua Persatuan Perguruan Silat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bandrong Banten Indonesia.

Diketahui, anggaran revitalisasi Masjid Agung Ats-Tsauroh ditetapkan sebesar Rp60 miliar. Pembiayaan salah satu ikon Kota Serang ini dibebankan ke APBD Kota Serang dengan sistem pembangunan secara multiyears selama tiga tahun.

“Dimulai tahun ini,” pungkas mantan Camat Cipocokjaya ini. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button