Peristiwa

Ribuan Buruh Demo di Kantor Gubernur Banten Tuntut Kenaikan Upah

TANGERANG, LB – Ribuan buruh yang tergabung Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) Tangerang melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Banten, Kota Serang, Selasa (2/11/2021). Massa menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2022.

Massa bergerak dari sejumlah lokasi Kota dan Kabupaten Tangerang, mulai dari Jatiuwung, Batu Ceper lalu Cikupa konvoi menuju Serang. Aksi buruh membuat arus lalu lintas di sepanjang Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) macet, hingga membuat kendaraan banyak yang putar arah.

Dalam aksinya, Presidium AB3 Dedi Sudarajat mengatakan, pihaknya meminta kenaikan upah 8,95 persen pada 2022 mengacu pertumbuhan ekonomi di Banten.

Kata Dedi, untuk upah minimum kota/kabupaten (UMK) se-Banten sudah naik 13,50 persen. Oleh karena itu, menurut Dedi, tuntutan sudah berdasarkan survey kasar yang dilakukan di pasar-pasar tradisional.

Advertisement

Tidak hanya itu, Dedi juga meminta, upah minimum sektoral kota/kabupaten (UMSK) 2021 dan 2022 diberlakukan. Menurut Dedi, kondisi pandemi Covid-19 tidak bisa dijadikan alasan pemerintah memenuhi tuntutan buruh karena sesuai kajian di lapangan.

“Saya rasa permintaan ini tidak mengada-ngada, sudah sesuai pertumbuhan ekonomi di Banten,” tukasnya.

Diketahui, kenaikan UMP Banten berdasarkan pertumbuhan ekonomi Banten dari tahun ke tahun meningkat. Sedangkan kenaikan UMK sebesar 13,50 persen berdasarkan survei pasar KHL (kebutuhan hidup layak).

“Kami semua dari Aliansi Buruh Banten Bersatu ingin melakukan tuntutan kenaikan upah tahun 2022,” tuntutnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button