AgamaPendidikan

Ribuan Siswa Raudhatul Athfal se-Kota Serang Ikut Manasik Haji

SERANG, LB– Untuk meningkatkan mutu guru dan mengaplikasikan pembelajaran, guru dan siswa Raudhatul Athfal (RA) se-Kota Serang mengikuti manasik haji di Kawasan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis (11/11/2021).

Ribuan anak-anak itu tampak antusias mengikuti acara. Mereka secara bergiliran memeragakan cara ibadah haji yang biasa dilakukan orang dewasa di tanah suci, mengelilingi kabah buatan. Acara juga ditinjau langsung oleh Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin.

Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Serang Kusmawati mengatakan, kegiatan diikuti sebanyak 1.800 siswa dan 340 guru pendamping dari 84 RA tersebar di semua kecamatan se-Kota Serang.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan mutu guru dan mengaplikasikan pembelajaran, karena di RA ada pembekajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), salah satunya tentang haji,” terangnya.

Advertisement

Kata Kusmawati, sejak pandemi kegiatan manasik haji ditunda, sehingga acara manasih haji merupakan perdana dilaksanakan kembali oleh RA pasca pandemi.

“Ini kegiatan unggulan kota. Mudah-mudahan, tahun depan kita bisa mengadakan kegiatan ini kembali,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengapresiasi kegiatan manasik haji oleh RA dan turut bergembira.

“Ini kegiatan baik dan banyak manfaatnya, terutama untuk anak didik kita. Pemkot sangat apresiasi,” ucapnya.

Subadri berharap, kegiatan rutin tahunan ini bisa menumbuhkan pengetahuan putra-putri di Kota Serang tentang rukun Islam kelima.

“Mudah-mudahan, ini menjadi awal sinergi antara IGRA, Kemenag, dan Pemkot Serang,” harapnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button