Komunitas

Roadshow, Karang Taruna Ajak Kader Mobilisasi Vaksinasi Masyarakat

SERANG, LBC – Karang Taruna Kabupaten Serang menggelar Roadshow dalam rangka penguatan kelembagaan Karang Taruna Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Serang 2021. Kader Karang Taruna juga diminta dapat memobilisasi vaksinasi masyarakat agar cepat terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Serang.

Rabu (8/9/2021), Roadshow Karang Taruna dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pembagian masker dan vitamin dengan meneraokan protokol kesehatan (prokes) di aula Kecamatan Kibin. Rombongan Karang Taruna dipimpin langsung Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang Bahrul Ulum. Hadir Camat Kibin Imron Ruhyadi dan Camat Cikande Mochamad Agus.

Dalam sambutannya, Ulum meminta kader karang taruna bersinergi dengan camat dan kepala desa untuk membujuk masyarakat agar mau mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Puskesmas.

“Saya minta kader Karang Taruna bisa memobilisasi masyarakat agar mau berpartisipasi dalam proses vaksinasi,” pintanya.

Advertisement

Menurut Ulum, Karang Taruna tingkat kecamatan sampai desa harus beriringan dengan pemerintah dalam pencapaian vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi biar apa? Agar pencapaian target persentasi (vaksinasi-red) segera bisa kita lakukan di Kabupaten Serang,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Serang ini.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), disebutkan Ulum, terhitung 7 September 2021 sudah 454.678 warga ber-KTP Kabupaten Serang yang divaksin dari sasaran 1.259.754 orang atau sudah tercapai 36,09 persen.

Terkait kegiatan Roadshow, dijelaskan Ulum, pihaknya hanya ingin memastikan Karang Taruna di semua kecamatan sampai desa ada kelembagaannya, pengurusnya, serta surat keputusan kepengurusannya.

Selanjutnya, Sekjen DPD I Golkar Banten ini juga menyatakan bahwa tugas pokok fungsi (tupoksi) dasar Karang Taruna yakni, bersama-sama pemerintah dalam rangka melaksanakan pembangunan, khususnya pada bidang kesejahteraan sosial.

“Itu (tupoksi dasar Karang Taruna-red) yang harus kita satukan persepsinya agar tidak ada pemahaman-pemahaman lain dari teman-teman Karang Taruna di tingkat kecamatan dan desa,” jelasnya.

Selama ini, Ulum menilai, belum pernah adanya penguatan kelembagaan yang melibatkan Karang Taruna sampai tingkat desa. Lantaran itu, kata Ulum, pihaknya ingin ada ikatan emosional yang terbangun antara Karang Taruna Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

“Supaya dengan program pemerintah bisa seiring sejalan, bisa menyukseskan program pemerintah itu sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kibin Imron Ruhyadi menilai, saat ini Organisasi Karang Taruna di Kabupaten Serang, khususnya di Kecamatan Kibin sudah.

“Kiprah Karang Taruna di masyarakat bukan barang baru lagi,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum RSUD dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) ini.

Imron berharap, Karang Taruna ke depan lebih mandiri memberikan warna di lingkungan masyarakat. Mantan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang ini pun menilai, kegiatan Roadshow Karang Taruna membuka cakrawala dalam rangka menyatukan, mensinkronisasikan ide warna dan ide pemikiran semua organisasi.

“Sekarang Karang Taruna menjadi satu marwah dengan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta berdampak positif kepada masyarakat,” tandasnya. (zai)

Back to top button