Hukrim

Sabu 10 Kg Diselundupkan Dalam Puluhan Patung di Bandara Digagalkan

TANGERANG, LBCKPU Bea dan Cukai Tipe C Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 10 kilogram oleh jaringan internasional di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (19/8/2021). Sabu diselundupkan melalui kemasan berbentuk patung kecil berbentuk bola dan binatang berwarna hijau yang kini disita petugas.

Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan, jika paket narkotika itu dikirim dari negara Kongo, Afrika Tengah melalui terminal Kargo. Barang haram itu juga dimasukkan ke dalam 40 patung kecil berbentuk bola berwarna hijau dan 18 patung binatang yang dijadikan sebagai kamuflase guna mengelabui petugas dan dikemas ke dalam dua kardus. Karena keras, patung sampai harus dihancurkan dulu untuk mengeluarkan sabu atau metamfetamin tersebut.

“Kami cegah barang kiriman, ternyata diberitahukan dua koli isinya diberitakan patung-patung dan bola hijau. Ternyata isinya sabu total sekitar 10 kilogram,” ungkap Finari kepada awak media dalam konferensi pers.

“Ini dikirim dari Kongo, Afrika Tengah diberitahukan sebagai Polished Malachite,” imbuhnya.

Advertisement

Pencegahan ini, kata Finari, dilakukan Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (23/7) pukul 01.00 WIB di Terminal Kargo. Rencananya, sabu akan dikirim kepada tersangka berinisial A (29), seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di kawasan Jakarta Barat.

“Di hari yang sama kami bersama Bareskrim mengamankan seorang pria berinisal A di Kelurahan Kembangan, Jakarta Barat,” sambung Finari.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, lanjut Finari, pria berinisial A itu dijerat Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati atau penjara maksimal 20 tahun. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button