Politik

Sambut 2024, Partai Demokrat Kabupaten Serang Kisruh

SERANG, LBC – Meski perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masih menyisakan beberapa tahun lagi, yakni pada 2024, namun kekisruhan sudah mewarnai tubuh Partai Demokrat di Kabupaten Serang. Sebanyak 18 Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) partai berlambang mercy itu yang saat ini tercatat masih menjabat menolak dan menggugat keputusan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Serang Yayan Alfian yang telah melakukan perombakan pengurus sejumlah DPAC.

Tidak puas dengan kepemimpinan dan keputusan Yayan, sejumlah ketua DPAC mendatangi Kantor DPC Kabupaten Serang di Jalan Raya Sepang, Ciracas, Kota Serang. Jumat (6/8/2021).

Dalam aksinya, kedatangan 18 Ketua DPAC Partai Demokrat itu ditemui dua pengurus DPC. Mereka melayangkan surat pernyataan bersama sebagai bentuk mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Yayan sebagai Plt Ketua DPC.

Kekecewaan itu pun disampaikan Ketua DPAC Kramatwatu Rohayati yang menilai Yayan sebagai pimpinan DPC Demokrat sudah melanggar aturan partai karena menggelar Musyawarah Anak Cabang (Musancab) tanpa melibatkan pengurus DPAC dan ranting yang sedang menjabat, tetapi disahkan melalui Musancab sebelumnya,” keluh Rohayati yang mewakili Forum Komunikasi DPC saat membacakan surat pernyataan bersama.

Advertisement

Dengan demikian, Rohayati menilai, telah terjadi pelanggaran Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan peraturan organisasi Partai Demokrat dalam pelaksanaan Musancab dan penggantian kepengurusan DPAC yang saat ini menjabat. Padahal, lanjut Rohayati, menyambut Pemilu 2024 dalam waktu dekat sudah akan dimulai tahapan verifikasi partai politik (parpol) dan tahapan Pemilu yang akan berlangsung tahun 2022. Tentunya, menurut Rohayati, dibutuhkan konsolidasi kepengurusan yang kuat dan solid, serta mampu menjawab persoalan-persoalan demi mendapatkan kepercayaan rakyat.

“Kami meminta kepada DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Demokrat Provinsi Banten dan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) untuk segera melaksanakan Musancab Partai Demokrat Kabupaten Serang,” pintanya.

Menurut Rohayati, hal itu perlu dilakukan agar terpilihnya kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang definitif yang mampu menjalankan kerja-kerja politik secara maksimal, serta sesuai aspirasi pengurus dan kader di bawah.

Puluhan pengurus DPAC mendatangi kantor DPC.

Menanggapi hal itu, Wakil Sekertaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang Arif Satibi mengakui, pihaknya sudah menerima aspirasi dari kader Demokrat tingkat DPAC. Untuk selanjutnya, Arif berjanji, pihaknya menindaklanjuti aspirasi tersebut dan akan disampaikan kepada Ketua DPC.

“Kita hanya menerima aspirasi dari teman-teman DPAC. Adapun keputusan hasilnya kita belum tahu. Kita akan bahas dulu (secara internal-red),” tandasnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button