Kesehatan

Sambut PTM, Pemkot Tangerang Makin Gencar Vaksinasi Pelajar

TANGERANG, LBC– Menyambut akan diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang semakin gencar melakukan percepatan vaksinasi bagi pelajar di Kota Tangerang. Sedikitnya 8.632 pelajar mulai hari ini menjalani vaksin Pfizer di atrium Gedung Pemkot Tangerang, Rabu (1/9/2021).

Vaksinasi pelajar ditinjau langsung Wakil Walikota Tangerang Sachrudin yang mengatakan, pihaknya semakin gencar melakukan vaksinasi pelajar menyambut segera diberlakukannya PTM di Kota Tangerang, selain ingin segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok-red) dengan capaian 70 persen penduduk di Kota Tangerang.

“Ya, mudah mudahan vaksin ini berjalan dengan baik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan, vaksinasi pelajar menyasar pelajar SMP dan SMA di Kota Tangerang. Dini berharap, dengan kegiatan vaksinasi hari ini berdampak capaian vaksin pelajar meningkat hingga 50 persen.

Advertisement

“Vaksinasi ini supaya terbentuk kekebalan tubuh siswa menghadapi PTM. Dengan vaksinasi hari ini, maka capaian bertambah 16 ribu orang,” ungkapnya

Vaksinasi dosis pertama khusus pelajar, kata Dini, mencapai 52 persen. Percepatan vaksinasi juga dilakukannya di tingkat puskesmas dan rumah sakit.

“Pelajar remaja sudah 50 ribu ya (yang divaksin-red), kalau enggak salah dari sasaran. Total targetnya 178.000, kita baru masuk ke 30 persen pelajar,” bebernya.

Disinggung soal vaksinasi kalangan mahasiswa, kata Dini, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah mahasiswa di perguruan tinggi yang belum mendapatkan vaksin. Umumnya, kata Dini, mahasiswa sudah mendapatkan vaksin di sejumlah sentra vaksin yang tersedia.

“Nah yang mahasiswa ini kita nunggu data. Jadi, kalau kami tugasnya vaksin skrining gitu ya, lebih ke medis. Sasaran kita minta Dindik infor ke perguruan tinggi, berapa orang yang belum vaksin,” jelasnya.

Pelajar mengantre untuk divaksin.

Salah seorang pelajar yang ikut vaksin, Anis Zahran Nisa mengaku antusias mengikuti vaksinasi dengan harapan bisa kembali belajar tatap muka dan bertemu teman sekolah.

“Tadi pas mau di vaksin sedikit takut, tapi karena pingin sekolah saya lawan rasa itu. Karena kan mau belajar di sekolah,” ujarnya.

Semangat untuk belajar membuat Nisa, sapaan akrabnya, mau mengikuti vaksinasi karena belajar online dinilainya kurang efektif. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button