Pendidikan

Sambut PTMT, Giliran Pelajar SD di Kota Tangerang Divaksin

TANGERANG, LB – Setelah melakukan vaksinasi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang kini sedang melakukan pendataan pelajar Sekolah Dasar (SD) usia 12 tahun sebagai persiapan vaksinasi Covid-19 menuju Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Sampai saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang belum memberlakukan PTMT pelajar SD karena masih terus menunggu PTMT SMP di Kota Tangerang sepenuhnya diberlakukan.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Kota Tangerang Helmiati melalui aplikasi perpesanan mengatakan, pihaknya sedang gencar melakukan pendataan pelajar SD berusia 12 tahun sebagai persiapan vaksinasi Covid-19 menyambut PTM. Untuk pelaksanaan vaksinasi, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang.

“Data sudah kita ajukan ke Dinkes. Mungkin nanti akan dipanggil juga untuk divaksin, jumlah  persisnya agak lupa, saya enggak megang datanya. Tapi memang enggak semua orangtua bersedia, ada juga yang enggak bersedia, kita masih sosialisasi lagi,” ujar Helmiati, Senin (4/10/2021).

Advertisement

Pihaknya juga, kata Helmiati, sedang mendata keluarga siswa yang berusia 12 tahun guna memastikan orang dewasa di rumahnya sudah divaksin. Untuk pelaksanaan PTM SD, kata Helmiati, pihaknya masih akan menunggu 100 persen PTM SMP. Helmiati memastikan, guru SD mayoritas sudah divaksin, sementara yang belum divaksin karena terkendala penyakit penyerta.

“Catatan sejauh ini sudah 90 persen guru yang divaksin. Untuk PTMT SD, kami masih menunggu masuk 100 persen PTMT tingkat SMP, kita evaluasi ,baru setelah itu PTMT SD, sedang dipersiapkan” katanya.

Helmiati menegaskan, adanya pelajar SMP yang terpapar Covid-19 beberapa hari lalu tidak membuat orangtua siswa SD khawatir, melainkan memahami karean beranggapan bisa saja terpapar dari luar sekolah. Helmiati juga memastikan, penerapan protokol kesehatan (prokes) di sekolah yang menyelenggarakan PTMT ketat.

“Nanti kalau SD dibuka PTMT akan dijaga Satgas di setiap kelas, sehingga dapat memantau lebih dekat siswa. Kalau ditemukan siswa yang kurang sehat, mereka segera melaporkan ke Satgas tingkat sekolah dan segera dilakukan tindakan awal,” jelasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button