UMKM

Sekda Pemkab Serang Beri Solusi Atasi Persoalan Klasik UMKM

SERANG, LB- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri memberikan solusi yang menjadi keluhan klasik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni permodalan, bahan baku, dan pemasaran. Salah satunya kreativitas yang dinilai modal utama usaha dapat berkembang.

Hak itu diungkapkan Entus saat membuka acara Gebyar Senyum Nusantara yang digagas Graha Kreatif di Kampung Katileng, Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Selasa (19/10/2021). Entus pun berkesempatan meninjau hasil kreativitas pelaku UMKM binaan Graha Kreatif di stan yang sudah disediakan.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang itu mengajak para pelaku UMKM, khususnya di di Kabupate Serang untuk bersama-sama membangkitkan kembali perekonomian pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menurut Entus, pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan dan sosial, melainkan juga masalah ekonomi. Oleh karena itu, kata Entus, dibutuhkan ikhtiar semua elemen masyarakat dan seluruh stakeholder untuk membangkitkan ekonomi di masyarakat.

Advertisement

Entus menilai, pelaku UMKM mempunyai tiga persoalan klasik, yakni permodalan, bahan baku, dan pemasaran. Seperti persoalan modal, kata Entus, yang selalu dikaitkan dengan uang. Begitu pual dengan pemasaran yang sampai saat ini masih banyak melakukannya dengan cara konvensional yang dimaknai memasarkannya di sekitar lingkungan.

Selain itu, sambung Entus, bahan baku yang selalu dikaitkan dengan ketersedian bahan baku yang ada secara mudah bis didapatkan di daerahnya sendiri. Padahal, kata Entus, seiring kemajuan teknologi dan tuntutan zaman, banyak cara untuk menyiasati itu.

“Ingin saya saya sampaikan bahwa bagi orang kreatif modal itu bukan uang, tapi kreativitas itu sendiri yang menjadi modal, pasar itu adalah dunia, dan modal adalah informasi,” ungkap mantan Camat Pabuaran ini.

Jika masyarakat paham dengan persoalan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, menurut Entus, maka UMKM akan maju. Berbicara modal, dijelaskan Entus, jika pelaku UMKM mempunyai kreativitas tinggi maka bank akan datang sendiri memberikan pinjaman modal.

“Sekarang misalnya, Kepala Bank bjb hadir di sini (Gebyar Senyum Nusantara-red)  karena melihat Graha Kreatif punya peluang usaha untuk berkembang baik. Jadi, bukan uang, tetapi kreativitas modal kita,” jelasnya.

Terkait pemasaran, lanjut mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang ini, para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan internet dengan memasarkan secara online ke seluruh dunia. Sedangkan bahan bakunya tergantung bagaimana para pelaku UMKM tersebut menguasainya. Intinya, tambah Entus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendukung dan mengapresiasi keberadaan Graha Kreatif di Kecamatan Jawilan.

“Diharapkan Graha Kreatif ini bisa menjadi inspirasi para pemuda di seluruh kecamatan se-Kabupaten Serang. Graha Kreatif harus menjadi pelopor, menjadi lokomotif UMKM di Kabupaten Serang,” pintanya.

Sekadar diketahui, kehadiran Entus didampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya, Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Shinta Asfilian Harjani, Camat Jawilan Agus Saepudin, dan Deputi Regional Bank bjb Kanwil 4 Serang Somi Muhammad Yunus.

Sementara itu, Founder Graha Kreatif Johani Fauzin mengatakan, digelarnya Gebyar Senyum Nusantara bertujuan untuk mengangkat sektor UMKM di Kabupaten Serang, khususnya di wilayah Kecamatan Jawilan. Kegiatan bertemakan ‘Bersama UMKM Desa Kita Bangkitkan Perekonomian Nasional’’ itu diisi berbagai sektor UMKM yang telah dikurasi.

Kata Johani, Gebyar Senyum Nusantara juga diisi berbagai kegiatan edukasi masyarakat sekitar perihal peningkatan ekonomi praktis yang dapat peserta atau pengunjung terapkan. Selain itu, pihaknya juga mengenalkan alat pembayaran digital sebagai bagian penerapan tujuan acara.

“Acara didukung bjb yang ditunjuk membantu memberikan dukungannya ke UMKM di wilayah sekitar,” jelasnya. (zai)

Back to top button