Peristiwa

Selidiki Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Polisi Periksa 20 Orang

TANGERANG, LBC– Polda Metro Jaya menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I Tangerang buntut terjadinya peristiwa kebakaran yang menewaskan 41 narapidana. Sudah 20 orang diperiksa oleh anggota polisi di Polres Metro Tangerang.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Tubagus Adi Hidayat usai menggelar olah TKP mengatakan, pihaknya berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti berupa kabel-kabel, alat listrik, dan saluran instalasi. Kendati demikian, kata diakui Adi, pihaknya untuk sementara masih belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan blok C2 Lapas hingga menewaskan 41 narapidana itu.

“Hasil temuan sementara, kita belum bisa pastikan, tapi diduga akibat hubungan arus pendek. Kemudian hasil olah TKP ada beberapa yang kami bawa, antara lain kabel-kabel, ada alat listrik, dan saluran instalansi,” ungkap Adi kepada awak media di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9).

Untuk pemeriksaan lebih lanjut dari hasil barang barang yang dikumpulkan di TKP, kata Adi, akan dianalisa di Labfor. Pemeriksaan dilakukan bersama petugas kepolisian dari Polres Metro Tangerang dalam pengumpulan alat-alat bukti.

Advertisement

“Saat ini sudah 20 orang jadi saksi dari petugas piket malam, kemudian yang di sekitar lokasi, dan penghuni blok C masih dimintai keterangan di Polres Tangerang kota,” ungkapnya.

Ditanya adanya ledakan, Adi mengaku pihaknya masih harus mendalami kasus kebakaran dari para saksi. Meski demikian, menurut Adi, titik api yang membakar Lapas berpusat pada satu titik.

“Titik apinya satu. Di dalam titik itu ada kabel-kabel yang terbuka dan sebagainya. Apakah terbukanya itu menjadi penyebab, ataukah terbukanya itu menjadi sebab hubungan pendek,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button