Kesehatan

Sentra Vaksinasi Gratis Disediakan di Lima Mal Kota Tangerang

TANGERANG, LB– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyediakan sentra vaksinasi di lima mal di Kota Tangerang. Itu untuk memudahkan masyarakat Kota Tangerang mendapatkan vaksin secara gratis.

Sentra vaksin di mal disediakan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang. Antara lain ada di Tangcity Mal, Icon Walk Cimone, Metropolis, Bale Kota, dan CBD Ciledug Mal.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, penyediaan sentra vaksinasi sebagai upaya perluasan pelayanan untuk mempercepat capaian target vaksinasi di Kota Tangerang.

“Sekarang tersedia di lima mal. Sebelumnya hanya tersedia di Tangcity Mal. Dengan begitu diharapkan warga semakin antusias mendapatkan vaksin,” harap Dini kepada Lingkar Banten melalui sambungan telepon seluler, Senin (1/11/2021).

Advertisement

Dini berharap, dengan penyediaan sentra vaksinasi di lima mall dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi.

“Jadi, jalan-jalan sambil vaksin,” katanya.

Dini pun menegaskan, untuk mendapatkan vaksinasi syaratnya mudah. Bahkan, bisa mendaftar secara online. Dini memastikan, sentra vaksinasi dibuka untuk umum, minimal usia di atas 12 tahun. Untuk mendapatkan vaksin dosis kedua, lanjut Dini, agar membawa surat keterangan sudah mendapatkan dosis pertama minimal 21 hari setelah vaksin pertama.

“Selain itu membawa KTP atau KK, serta membawa alat tulis sendiri. Daftarnya bisa melalui vaksinasi.tangerangkota.go.id atau bisa datang langsung ke lima mal itu. Bagi yang komorbit, diminta untuk membawa surat keterangan dokter,” terangnya.

Selain memaksimalkan vaksinasi di tempat keramaian, kata Dini, pihaknya juga menggencarkan program vaksinasi door to door. Salah satu wilayah yang sudah melaksanakan sistem door to door, yakni Kelurahan Nambo Jaya.

“Sudah 91,88 persen warga mendapatkan vaksin di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Nambo Jaya Sambul Rais mengatakan, pihaknya mengundang sekira 131 warga yang belum vaksin untuk datang ke kelurahan. Jika tidak hadir, pihaknya langsung menjemput ke rumah selama tidak ada masalah kesehatan.

Disebutkan Rais, di wilayahnya tersisa delapan persen warga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

“Melalui kegiatan kali ini tercapai kekebalan komunal di wilayah Kelurahan Nambo Jaya,” terangnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button