Pemerintahan

Serahkan SK CPNS dan P3K Non Guru, Bupati Serang: Pelayanan ke Masyarakat Jangan Tebang Pilih

SERANG, LB – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menandatangani dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 186 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Non Guru di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di Pendopo Bupati, Kamis (23/6/2022). Tatu pun berpesan agar seluruh pegawai Pemkab Serang harus optimal melayani masyarakat dan tidak tebang pilih.
Tatu mengatakan, 186 SK CPNS dan P3K Non guru diberikan SK berdasarkan hasil dari perekrutan seleksi pada 2021 lalu yang sudah ter anggarkan pada APBD Tahun 2022. Dari jumlah tersebut terpilih 162 CPNS dan 24 P3K Non Guru.
Tatu mengingatkan kepada para CPNS dan P3K Non Guru agar bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Tatu pun berharap, agar CPNS dan P3K Nin Guru yang sudah menerima SK dapat melaksanakan tugas dengan baik dan optimal.
“Saya minta kepada para CPNS dan P3K yang menerima SK agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak tebang pilih, karena mayoritas masyarakat saat ini tidak bisa membedakan mana pelayanan dari pemerintahan dan pelayanan swasta,” pesannya.
Kata Tatu, masyarakat saat ini menuntut pelayanan yang baik dan sudah selayaknya pelayanan di pemerintahan juga sepertinya halnya pelayanan di perusahaan swasta, yaitu harus ramah, sigap, cepat, dan tepat.
 Soalnya, Tatu mengaku, banyak menerima keluhan ketika melakukan kunjungan dan berdialog dengan masyarakat langsung. Katanya, banyak yang memberikan masukan dalam hal pelayanan.
“Ketika saya keliling ke masyarakat berkunjung, berdialog, ada yang memberikan masukan, ‘Bu tidak ramah pelayanannya? Darimana yang kurang ramah? Makanya, saya langsung sampaikan kalau ada masukan dari masyarakat. Makanya, saya minta jangan dibedakan, harus layani dengan optimal dan ramah,” tegas Tatu.
“Saya tidak ingin ada ASN (Aparatur Sipil Negara Pemkab Serang) tidak ramah, tidak sopan, tidak attitude dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Serang,” tandas politisi Partai Golkar ini.
Sekadar diketahui, acara penyerahan SK dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna, Asda II Pemkab Serang Hamdani, Asda III Pemkab Serang Ida Nuraida, serta sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Serang.
Bupati Ratu Tatu Chasanah didampingi Sekda Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan para Asda Pemkab Serang menyerahkan SK kepada CPNS dan P3K Non Guru di Pendopo Bupati.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman mengungkapkan, P3K Non Guru yang diberikan SK tersebar pada Dinas Pertanian (Distan) sebanyak 23 Penyuluh Pertanian, serta satu orang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) sebagai Tamong Belajar atau Tenaga Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan akan langsung bekerja mulai Jumat (24/6/2022).
Selanjutnya, kata Surtaman, pihaknya akan memberikan pembekalan secara virtual melalui zoom meeting selama satu tahun ke depan. Katanya, BKSDM wajib memberikan pelatihan dasar, baik pengenalan integritas ASN berakhlak, nilai-nilai dasar, dan kode etik ASN agar semuanya lulus dan diangkat menjadi PNS.
Ditegaskan Surtaman, CPNS dan P3K Nin Guru yang saat ini sudah menerima SK masih dalam pemantauan. Untuk gaji juga masih 80 persen.
 “Jadi kalau mereka bikin pelanggaran disiplin, atau hal-hal yang merusak nama baik pemerintah daerah, pelanggaran disiplin sedang saja mereka bisa diberhentikan,” ancam Surtaman. (Nizar)

Back to top button