News

Sikap Warga Menghormati Hari Kemerdekaan di Tangerang Mengejutkan

TANGERANG, LBC – Sikap warga dan pengendara yang melintasi Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang pada momentum detik-detik proklamasi kemerdekaan, Selasa (17/8/2021) pagi, mengejutkan. Saat diajak jajaran Polres Metro Tangerang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang untuk berhenti sejenak dan menghormati bendera merah putih serta menyanyikan lagu kebangsaan pada peringatan Dirgahayu Republik (RI) ke-76 disambut antusias dengan langsung bersikap sempurna.

Ajakan berdiri sikap sempurna kepada warga dan pengguna jalan menjelang detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu dilakukan di enam ruas jalan wilayah Kota Tangerang, mulai pukul 10.00 WIB sampai 10.17 WIB.

Kanit Turjawali Polres Metro Tangerang AKP Subari mengatakan, pihaknya sengaja memberhentikan warga dan pengendara yang melintas sejenak di Jalan Daan Mogot, Tangerang, tepatnya di depan Hotel Pakons saat upacara pengibaran bendera merah putih mengajak untuk menghormati bendera merah putih.

“Kami ajak warga untuk berhenti sejenak dan memberi hormat berkisar satu menitan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kami putar melalui mobil sound system untuk menghormati detik-detik hari kemerdekaan dan mengenang jasa pahlawan,” ujar Subari yang sedang bertugas di Ruas Jalan Pintu Air tersebut, Selasa (17/8).

Advertisement

Subari memastikan, pemberhentian warga dan pengendara itu tidak sampai mengganggu arus lalu lintas karena dilakukan sistem buka tutup.

“Arus lalu lintas tetap lancar, ada 20 personil yang bertugas di lapangan,” tegasnya.

Para pengendara roda dua dan ojol ikut bersikap sempurna memberikan penghormatan bendera merah putih yang dikibarkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Wahyudi Iskandar menambahkan, ajakan sikap sempurna yang direspons antusias warga untuk menghormati bendera merah putih sebagai tanda bahwa kecintaan warga  terhadap bangsa Indonesia semakin tinggi.

“Momentum seperrti ini sudah seharusnya dilakukan di setiap moment hari kemerdekaan. Warga tertib, karena kami sudah menempatkan sejumlah petugas Dishub tersebar di sejumlah ruas jalan bersama pihak Polres Metro Tangerang,” ujarnya.

Salah seorang warga yang ikut bersikap sempurna, Ahmad Syaifudin mengaku bangga bisa bersama pengendara lain menjadi bagian yang ikut menghormati bendera merah putih pada momentum hari kemerdekaan Indonesia.

“Bangga, ini bentuk nasionalisme kami dan rasa cinta kami kepada Indonesia,” kata Ahmad yang hendak berangkat ke Jakarta itu. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button