Kesehatan

Sudah 1.132 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Serang Divaksin

SERANG, LBC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mencatat, sebanyak 1.132 penyandang disabilitas dari 4.687 sasaran atau 24 persen di Kabupaten Serang yang sudah divaksin oleh tenaga kesehatan (nakes) di 31 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tersebar di 29 kecamatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi mengatakan, vaksinasi bagi penyandang disabilitas sudah dilaksanakan sejak pertengahan Agustus. Sasarannya mencapai 4.687 orang se-Kabupaten Serang tersebar di 29 kecamatan.

“Yang sudah divaksin per 31 Agustus sebanyak 1.132 penyandang disabilitas atau 24 persen,” ungkap Agus dalam keterangan tertulis melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Rabu (1/9/2021).

Kata Agus, pihaknya melibatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) dan aparatur desa dalam melakukan vaksinasi penyandang disabilitas. Dijelaskan Agus, dilibatkannya TKSK karena pihaknya sempat menemui hambatan baik dari pihak keluarga maupun yang bersangkutan untuk datang ke puskesmas setempat.

Advertisement

“Kita harapkan melalui TKSK dan aparat desa kita bisa berkunjung ke desa-desa, atau paling tidak mendekatkan pelayanan kepada tempat tinggal para disabilitas,” ujarnya.

Untuk mempercepat vaksinasi disabilitas, Agus mengimbau pihak keluarga disabilitas segera menghubungi TKSK di kecamatannya masing-masing.

“TKSK akan memfasilitasi vaksinasi di puskesmas. Dimohon kepada keluarga yang mempunyai disabilitas untuk segera menghubungi TKSK,” imbaunya.

Terkait itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Baros Diah Syahbar Viana mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan vaksinasi terhadap 55 orang, baik penyandang disabilitas, lanjut usia (lansia), dan massyarakat umum dari sasaran 211 penyandang disabilitas di wilayahnya pada Rabu (1/9/2021).

“Untuk penyandang disabilitas 12 orang yang divaksin, lansia dua orang, dan masyarakat umum 29 orang,” ungkap Diah disela-sela kegiatan vaksinasi kemarin. (zai)

Back to top button