Kesehatan

Sudah 80 Ribu Warga Cilegon Divaksin Selama PPKM

CILEGON, LBC- Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sudah mencapai 80 ribu warga Cilegon yang divaksin dari 297 ribu warga sasaran vaksinasi.

Hal itu diungkapkan Walikota Cilegon Helldy Agustian disela-sela kunjungannya pada acara Vaksinasi Massal di Alun-alun Cilegon, Rabu (4/8/2021). Helldy menilai, selama PPKM Level 4 kehadiran warga Cilegon ke Alun-alun Cilegon yang ingin divaksin cukup tinggi.

Dikatakan Helldy, kegiatan vaksin di Alun-alun Cilegon merupakan tahap kedua, serta kegiatan vaksinasi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang mengadakan kegiatan vaksinasi pada PPKM Level 4.

“Dari unsur Forkopimda seperti Dandim (Komandan Kodim) data yang sudah masuk sebanyak 13 ribu, lalu dari Kejari (Kejaksaan Negeri), Lanal Banten dan juga dari Polres Cilegon, sehingga total mencapai 80 ribu (yang sudah vaksin-red),” ungkap Helldy.

Advertisement

Helldy memastikan, jika kegiatan vaksinasi massal di wilayahnya akan terus berlanjut. Termasuk untuk usia 12 sampai 17 tahun sudah dilaksanakan di sejumlah Puskesmas.

“Tanggal 15, 16 dan 17 Agustus akan ada vaksin massal lagi di Alun-alun (menyebut Alun-alun Cilegon-red). Nanti bagi masyarakat yang belum vaksin, bisa datang langsung ke Alun-alun, ” ajak Helldy.

Selain di Alun-alun Cilegon, kata Helldy, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan vaksinasi di setiap kelurahan.

“Apalagi sekarang kan masing-masing kelurahan sudah ada tenaga kesehatannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Survailans, Imunisasi dan Krisis Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon Tatang mengatakan, ada banyak alasan masyarakat yang tidak ingin mengikuti kegiatan vaksinasi. Namun, jumlahnya belum mencapai 50 persen.

“Masih banyak masyarakat yang enggan datang ke Alun-alun (untuk vaksin-red), ” katanya.

Menurutnya, masyarakat yang tidak bisa datang ke Alun-alun Cilegon dipicu alasannya jarak yang jauh, selain masyarakat yang sudah divaksin belum terdata.

“Jadi banyak alasan warga yang tidak datang ke Alun-alun Cilegon. Ke depan, kami akan lakukan roadshow vaksinasi ke kelurahan dan kecamatan untuk mengejar target, ” pungkasnya. (Anto/zai)

Back to top button