Pemerintahan

Tambah PAD, Pemkab Pandeglang Optimalkan Potensi Pariwisata

PANDEGLANG, LBC – Untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memulihkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang akan mengoptimalkan potensi pendapatan dari sektor pariwisata di Pandeglang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin mengakui, pendapatan daerah di Pandeglang belum optimal. Padahal, menurut Pery, banyak potensi yang bisa digali untuk memperoleh pendapatan. Salah satunya potensi pariwisata yang menggalinya bisa dengan cara mempermudah akses menuju lokasi dan memberikan rasa aman kepada wisatawan.

“Pokoknya semua potensi wisata yang ada harus dioptimalkan agar PAD kita terus bertambah. Intinya, harus meningkatkan PAD agar pembangunan di Pandeglang bisa dilakukan dengan baik,” ujar Pery yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Daerah (Asda) Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemkab Pandeglang ini.

Menurut Pery, Pandeglang merupakan daerah yang memiliki banyak potensi wisata, hanya saja pengelolaannya belum optimal.

Advertisement

“Kalau berbicara pariwisata, di Pandeglang itu banyak sekali. Kita hanya belum bisa mengelolanya optimal, karena banyak yang dikelola pihak swasta, bukan pemerintah daerah,” katanya.

Dijelaskan Pery, ada beberapa persoalan yang menyebabkan belum optimalnya pendapatan dari retribusi sektor pariwisata. Di antaranya, disebutkan Pery, terjadinya bencana tsunami akhir Desember 2018 lalu.

“Tsunami yang melanda Pandeglang tahun lalu menjadi penyebab utama belum optimalnya penarikan retribusi sektor pariwisata. Makanya, sekarang kita terus berupaya memulihkan kondisi itu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Pery, pihaknya juga baru mengelola tiga lokasi wisata, yakni wisata air panas Cisolong, Cikoromoy, dan Karangsari.

“Hanya tiga lokasi wisata yang dikelola. Makanya, kita sulit memenuhi target, karena banyak lokasi wisata yang dikelola swasta, bukan oleh kita. Kalau banyak yang kita kelola, tentunya target itu bisa kita capai,” terangnya.

Menanggapi hal itu,  Wakil Ketua II DPRD Pandeglang Tb Asep Rafiudin Arief menyarankan Pemkab Pandeglang membuka lahan baru atau mengembangkan spot pariwisata potensial agar bisa menjadi lokasi penggerak perekonomian masyarakat.

“Sebaiknya spot yang baru yang potensial bisa dikembangkan lagi agar ada lokasi penggerak perekonomian baru, sekaligus menambah aset retribusi daerah,” sarannya. (rie/zai)

Back to top button