Pemerintahan

Target Perolehan Sejumlah Objek Pajak di Kabupaten Serang Menurun

SERANG, LBC – Target perolehan sejumlah objek pajak di Kabupaten Serang tahun ini menurun. Hal itu disebabkan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 banyak perusahaan tidak melakukan kegiatan.

Kepala Bidang (Kabid) Penetapan dan Penagihan Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang Warnerry Poetry mengatakan, pihaknya menyesuaikan target perolehan pajak akibat pandemi Covid-19. Pejabat yang akrab disapa Neri itu tidak menyangkal, target perolehan pajak mengalami penurunan, di antaranya target pendapatan dari perhotelan. Diungkapkan Neri, jika dirata-ratakan perolehan pendapatan di hotel setiap bulannya sekira mencapai Rp900 juta per bulan. Namun sejak diterapkannya PPKM Darurat terhitung sejak 3 juli, kata Neri, sudah tidak ada pengunjung yang datang ke hotel.

“Jadi otomatis di hotel itu tidak ada okupansi, sehingga berimbas terhadap pendapatan,” terang Neri di ruang kerjanya, Kamis (5/8).

Objek lainnya yang mengalami penurunan target perolehan pendapatan, sambung Neri, yakni pajak hiburan seiring ditutupnya tempat-tempat hiburan. Selain itu juga, lanjut Neri, penurunan target perolehan pajak restoran serta mineral bukan logam dan batuan.

Advertisement

Berdasarkan data yang dimiliki Neri, target perolehan pendapatan untuk hotel tahun ini sebesar Rp15,5 miliar dan sampai bulan ini baru terealisasi Rp6,9 miliar. Lalu restoran dari target Rp12 miliar baru terealisasi Rp3,8 miliar, hiburan dari target Rp1,5 miliar baru terealisasi Rp352 juta, serta mineral bukan logam dan batuan dari target Rp18 miliar baru terealisasi Rp4,2 miliar. (roy/zai)

Back to top button