Politik

Tatu: Politisi Perempuan Harus Handal dan Bermasyarakat

SERANG, LBC – Dalam rangka penguatan kapasitas politisi perempuan, Pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Serang dikukuhkan dan dilantik di Aula TB Suwandi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Rabu (29/9/2021). Ratu Tatu Chasanah selaku Dewan pembinaan 1 KPPI Kabupaten Serang berpesan jika menjadi politisi perempuan harus handal dan bermasyarakat.

Selain Tatu, pelantikan juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit, Ketua KPPI Banten Encop Sofia, dan perwakilan DKBP3A Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Tatu meminta jajaran pengurus KPPI Kabupaten Serang turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman-pemahaman kepada kaum perempuan agar mau berkiprah di dunia politik. dengan begitu, menurut Tatu, kaum perempuan mempunyai pemahaman yang utuh dan pemahaman yang baik tentang politik.

“Berikan juga masyarakat cara atau strategi-strategi untuk bisa duduk di legislatif,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, sambung Tatu, KPPI diharapkan bisa memberikan cara bagaimana kaum perempuan mendapatkan izin suami untuk berkiprah di politik.

“Karena kami ini kaum perempuan yang berkiprah di politik tidak bisa terlepas dari izin suami,” katanya.

Kata Tatu, perempuan jangan sampai melepas tanggung jawabnya sebagai seorang istri dan seorang ibu meskipun berkecimpun di dunia politik. Menurut Tatu, Jika seorang ibu melaksanakan tugas di rumah dengan baik, maka akan mendapat izin dari suami.

“Ini pengalaman yang diperlukan pengurus KPPI Kabupaten Serang. Saya juga meminta KPPI bersinergi dengan dinas terkait,”pintanya.

Menurut Tatu, seorang perempuan bisa menjadi pemimpin yang konsen, handal, dan berkarakter. Apalagi, sambung Tatu, dengan diberikan kuota 30 persen di kursi legislatif Kabupaten Serang dibutuhkan sosialisasi yang kuat.

“Mencalonkan diri sebagai legislatif bagi para perempuan sangatlah sulit. Tapi saya yakin, perempuan di Kabupaten Serang dengan pengurus KPPI yang baru dapat berkiprah dengan baik. Pandangan politik juga menjadi lebih luas,” ujar Bupati Serang ini.

Diungkapkan Tatu, Partai Golkar di Kabupaten Serang memunyai 9 kursi dan empat kursi di antaranya diisi oleh perempuan atau menyumbangkan 44 persen perempuan di parlemen Kabupaten Serang.

Atas bukti itu, Tatu berharap, KPPI Kabupaten Serang dapat menjalankan musyawarah mufakat dengan baik, berjuang untuk hak bangsa secara keseluruhan agar menjadi unsur perekat dan toleransi, serta menerima kebinaragamaan.

“Harus menerima pendapat orang lain, tidak memandang curiga, serta tidak memiliki agenda tersembunyi,” pesan Tatu yang juga menjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten itu.

Ketua KPPI Banten Encop Sofia melantik pengurus KPPI Kabupaten Serang.

Sementara itu, Ketua KPPI Banten Encop Sofia menilai, dilantiknya kepengurusan KPPI Kabupaten Serang dapat mengangkat marwah atau peran perempuan pada dunia politik. Encop menyakini, kepemimpinan KPPI Kabupaten Serang yang baru dapat merubah politik perempuan.

“Apalagi Ibu ketuanya juga seorang anggota Dewan  (menyebut DPRD-red, dan Ibu Bupati Serang juga seorang wanita, sehingga dapat bersinergi,” ujar Encop kepada awak media usai pelantikan.

Terkait itu, Ketua KPPI Kabupaten Serang terpilih, Maryani mengakui, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk KPPI Kabupaten Serang. Terlebih, kursi legislatif perempuan di kabupaten Serang baru 14 persen atau tujuh perempuan yang menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang.

“Kita masih butuh delapan orang lagi atau dipresentasikan 16 persen,” jelasnya.

Langkah ke depan, Maryani akan mencoba menyakinkan para wanita di Kabupaten Serang agar berani ikut serta terjun di ranah politik. Pihaknya bahkan akan menyelenggarakan program pelatihan atau sekolah bimbingan kepada politisi perempuan.

“Kita lakukan hanya untuk kesetaraan gendre. Karena bagaimanapun, perempuan dapat menerima hak yang sama seperti laki-laki,” tegasnya.

Dengan dilantiknya pengurus KPPI Kabupaten Serang, Maryani berharap, dapat menopang suara perempuan di kursi legislative ke depannya. (Denmawar Hasanudin/zai)

Back to top button