News

Tekan Pengangguran, Disnakertrans Banten Gelar Pelatihan Makeup

TANGERANG, LBC – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten menyelenggarakan pelatihan dasar makeup yang diikuti puluhan peserta di Kota Tangerang. Pelatihan dilaksanakan di dua lokasi wilayah Kota Tangerang, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat agar berdaya saing sehingga angka pengangguran bisa ditekan.

Kepala Seksi (Kasi) Pelatihan dan Permagangan Disnakertrans Provinsi Banten Fifin Rosian Alfiah tidak menyangkal, angka pengangguran di Provinsi Banten saat ini terbilang cukup tinggi. Atas dasar itu, kata Fifin, pihaknya mencanangkan program pelatihan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Kegiatan ini bagian dari program Pemprov Banten dalam rangka mengentaskan persoalan pengangguran. Apalagi angka pengangguran kita tinggi, terlebih pandemi Covid-19 saat ini,” terang Fifin dalam sambutannya pada pembukaan Pelatihan Makeup di Kota Tangerang, Senin (13/9/2021).

Disebutkan Fifin, pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari. Peserta, kata Fifin, dalampelatihan diberikan ilmu mengenai makeup dasar. Untuk tenaga pengajar, pihaknya melibatkan pihak Disnakertrans dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kusuma.

Advertisement

Usai mengikuti pelatihan, lanjut Fifin, para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan value diri dalam dunia kerja. Materi pelatihan yang diberikan juga, sambung Fifin, mulai dari foundasing, cara memasang bulu mata yang baik, dan lain-lain.

“Melalui kegiatan ini, kami harapkan bisa memberikan keterampilan yang nantinya dapat dimanfaatkan dan menjadi aktualisasi untuk mempertinggi nilai diri, sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga, umumnya Provinsi Banten,” harapnya.

Fifin juga berharap, pelatihan angkatan kedelapan ini para peserta dapat memanfaatkan program pelatihan, sehingga ilmu yang didapatkan lebih maksimal dan bermanfaat.

Terkait itu, salah seorang peserta pelatihan makeup dasar, Elita Suryaningsih menyambut baik program pelatihan yang diselenggarakan Pemprov Banten melalui Disnakertrans. Menurutnya, pelatihan menjadi bekal yang bermanfaat, selain dapat digunakan dalam keseharian untuk peluang usaha.

“Pelatihan ini jadi ilmu buat saya, karena bisa saya terapkan untuk diri saya sendiri, juga bisa saya manfaatkan untuk peluang usaha, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button