Inovasi

Telan Rp9,9 M, Ini Fasilitas di Perpustakaan Daerah Kota Serang!

SERANG, LB-Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saat ini sedang membangun perpustakaan daerah di wilayah Batok Bali, Ciracas, Kota Serang. Bangunan tiga lantai itu menelan anggaran hingga Rp9,9 miliar, belum termasuk fasilitas di dalamnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Serang Nanang Saefudin mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota Serang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya warga Kota Serang.

“Pembangunan perpustakaan ini menelan anggaran Rp9,9 miliar dari DAK (Dana Alokasi Khusus) pemerintah pusat,” ungkap Nanang disela-sela kunjungannya ke bangunan perpustakaan tersebut, Jumat (12/11/2021).

Lantaran dibiayai DAK, kata Nanang, progres pembangunannya diupayakan selesai tepat waktu. Jika molor, lanjutnya, maka sisa pembangunan harus dibiayai APBD.

Advertisement

“Tetapi, melihat progresnya sudah 70 persen lebih itu. Saya optimis pembangunan gedung Perpustakaan Kota Serang ini selesai tepat waktu,” ujarnya.

Untuk pembangunan fasilitas lainnya di perpustakaan, diungkapkan Nanang, sudah dialokasikan dari APBD Kota Serang pada 2022 sebesar Rp7 miliar.

“Jadi, tidak semua pembangunan perpustakaan ini menggunakan DAK pusat. Beberapa pekerjaan menggunakan APBD Kota Serang seperti pemagaran, interior, dan sisa bangunan di pojok gedung,” terangnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil menambahkan, akan ada banyak fasilitas di perpustakaan. Mulai dari tempat pameran, tempat pelayanan, perpustakaan anak, mini teater, disabilitas, hingga perkantoran. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button