Pemerintahan

Terkendala Usia, Satu Pejabat Kabupaten Serang Gagal Ikut Open Bidding

SERANG, LBC– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar open bidding (lelang terbuka) lima Jabatan Tinggi Pratama (JPT) atau eselon II. Sudah 43 pejabat yang mendaftar dan sudah diumumkan pada Selasa (7/9/2021). Diketahui, satu dari puluhan pejabat yang mengikuti lelang tersebut gagal menjadi peserta karena terkendala persyaratan usia.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir (Bangrir) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, pihaknya sudah mengumumkan peserta yang akan mengikuti open bidding lima JPT.

Diungkapkan Surtaman, yang dilelang yaitu jabatan Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol), Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (BPKAD), dan Staf Ahli Bupati.

“Ada yang enggak lolos (open bidding-red) karena usia, Pak Ade Hadhi Sukalta (Kabag Kesbangpol Setda Pemkab Serang-red), per hari ini usianya 56 tahun. Kan persyaratannya maksimal saat dilantik itu 56 tahun, sekarang tahapan belum selesai, sudah disampaikan ke beliau (merujuk Ade Hadhi Sukalta-red),” ungkap Surtaman kepada lingkarbanten.com saat mengikuti pembukaan MTQ ke-51 Kabupaten Serang di Ballroom Hotel Marbella Anyar, kemarin.

Advertisement

Saat ini, kata Surtaman, open bidding sudah memasuki tahap pembuatan makalah sampai 14 September. Kemudian, sambung Surtaman, pada 16-17 September dilakukan assesment selama dua hari. Setelah itu, lanjutnya, ada penilaian rekam jejak, lalu wawancara akhir dan presentasi makalah akhir bulan. Menurut Surtaman, open bidding kali ini kompetensinya lebih unggul.

“Jadi, didapatkan peringkat tiga besar itu sekitar akhir September ini,” ujar Surtaman yang merangkap jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Puloampel tersebut.

Disebutkan Surtaman, yang mendaftar open bidding lima JPT di antaranya berasal dari pejabat camat lima orang, lainnya jabatan kepala bidang dan sekretaris. Adapun panitia seleksi (pansel) open bidding, disebutkan Surtaman,berasal dari akademisi.

Antara lain Professor Syam’un dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Zakaria dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Profesor Soleh Hidayat dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Lainnya dari Pemkab Serang, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan Kepala BKPSDM Kabupaten Serang M Ishak Abdurauf.

“Kemungkinan pelantikan pejabat hasil dari open bidding di Oktober awal,” tandasnya. (zai)

Back to top button